Apa Itu Sabtu Suci? Berikut Sejarahnya dalam Rangkaian Hari Paskah

Sabtu, 08 April 2023 - 13:53 WIB
loading...
Apa Itu Sabtu Suci? Berikut Sejarahnya dalam Rangkaian Hari Paskah
Apa itu Sabtu Suci? Berikut sejarahnya dalam rangkaian Hari Paskah. / Foto: ilustrasi/Faith Mag
A A A
JAKARTA - Apa itu Sabtu Suci? Berikut sejarahnya dalam rangkaian Hari Paskah . Seperti diketahui, Sabtu (8/4/2023) diperingati sebagai Sabtu Suci oleh umat Kristiani jelang Minggu Paskah.

Momen ini tentu menjadi kesempatan umat Kristen dan Katolik untuk memanjatkan doa dan merenung di hari kebangkitan sang Juru Selamat.

Sabtu Suci diperingati setiap tahun pada hari terakhir Pekan Suci, dan merupakan hari sebelum Paskah . Hari ini memperingati Harrowing of Hell dan hari tubuh Yesus terbaring di kuburan.



Mungkin masih banyak publik yang penasaran bagaimana sejarah dari Sabtu Suci yang kini tengah dirayakan umat Nasrani. Dilansir News 18, Sabtu Suci juga dikenal sebagai Malam Paskah atau Sabtu Hitam, adalah hari terakhir Pekan Suci dan jatuh sehari sebelum Minggu Paskah.

Hari ini sangat penting bagi orang Kristen di seluruh dunia karena itu adalah hari ketika tubuh Yesus Kristus ditempatkan di kuburan setelah penyalibannya pada hari Jumat Agung.

Pada Sabtu Suci, banyak umat Kristiani merayakan Vigili Paskah, yang merupakan acara keagamaan terpenting tahun ini bagi mereka.

Selama berjaga ini, orang-orang akan berdoa, membaca bagian-bagian dari teks-teks agama, dan menerima berkah. Itu mewakili harapan akan awal yang baru dan kemenangan kebaikan atas kejahatan.

Sejarah Sabtu Suci


Sejarah Sabtu Suci berawal dari era Kristen awal, ketika diperingati sebagai hari berkabung dan refleksi, saat tubuh Yesus Kristus terbaring di kuburan. Hari itu juga dianggap sebagai waktu antisipasi Kebangkitan Kristus.

Sabtu Suci dirayakan dengan puasa, dan umat Kristiani akan berkumpul pada malam hari untuk berpartisipasi dalam berjaga yang diakhiri dengan perayaan Kebangkitan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)