Jet Tempur Rusia Langgar Wilayah Israel tapi Tak Ditembak

Minggu, 29 November 2015 - 12:15 WIB
Jet Tempur Rusia Langgar Wilayah Israel tapi Tak Ditembak
Jet Tempur Rusia Langgar Wilayah Israel tapi Tak Ditembak
A A A
YERUSALEM - Pesawat jet tempur Rusia telah melanggar wilayah udara Israel lebih dari sekali sejak meluncurkan serangan di Suriah. Tapi, militer Israel tidak menembak pesawat tempur Rusia seperti yang dilakukan Turki.

Hal itu diungkap Kepala Divisi Politik-Kemanan Departemen Pertahanan Israel, Amos Gilad, kemarin (28/11/2015). Menurut Gilad, Rusia dan Israel telah melakukan koordinasi keamanan sehingga pelanggaran wilayah seperti itu tidak berujung pada ketegangan seperti yang dialami Turki dan Rusia.

”Pilot Angkatan Udara Rusia beberapa menyeberang ke wilayah udara Israel. (Tapi) berkat koordinasi keamanan yang sangat baik (antara Israel dan Rusia), yang dimulai tepat setelah pertemuan antara (Perdana Menteri Benjamin) Netanyahu dan (Presiden Rusia Vladimir) Putin (dua bulan lalu), di mana telah didefinisikan daerah operasinya, Angkatan Pertahanan Israel dan militer Rusia menyepakati perjanjian keamanan,” kata Gilad dalam sebuah acara publik di Beersheba, seperti dikutip Times of Israel.

”Jika ada pelanggaran *dari wilayah udara Israel), kita tahu apa yang harus dilakukan dan bagaimana mencegah eskalasi,” lanjut Gilad.

Bocoran pelanggaran wilayah udara Israel oleh pesawat jet tempur Rusia itu muncul empat hari setelah pesawat tempur F-16 Turki menembak jatuh pesawat jet pembom Su-24 Rusia setelah Ankara menuduh pesawat jet itu melanggar wilayah udara Turki. Tapi, Rusia membantahnya dan hingga kini kedua pihak masih bersitegang.

Dalam sambutannya, Gilad menambahkan bahwa dalam kesepahaman antara Israel dan Rusia, Israel memiliki kebebasan untuk beroperasi guna mencegah transfer senjata dari Iran untuk Hizbullah Libanon.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5259 seconds (0.1#10.140)