Turki Tembak Jatuh Jet Su-24 Rusia, Putin: AS Terlibat!

Jum'at, 27 November 2015 - 14:16 WIB
Turki Tembak Jatuh Jet Su-24 Rusia, Putin: AS Terlibat!
Turki Tembak Jatuh Jet Su-24 Rusia, Putin: AS Terlibat!
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, menuduh Amerika Serikat (AS) terlibat dalam penembakan pesawat jet pembom Su-24 Rusia oleh pesawat tempur F-16 Turki. Menurut Putin, AS membocorkan jalur penerbangan dan waktu yang tepat untuk menembak.

Dalam sebuah konferensi pers di Kremlin, Putin mengatakan bahwa Rusia telah memberikan informasi terkait waktu dan jalur penerbangan pesawat tempur Rusia yang memerangi kelompok teror di Suriah. Tapi, informasi itu dibocorkan AS kepada sekutunya, Turki.

AS dan Rusia memang sudah sepakat berkoordinasi terkait operasi pesawat tempur yang beraksi di wilayah Suriah agar tidak terjadi insiden di udara.

“Pihak Amerika, yang memimpin koalisi termasuk Turki di dalamnya, tahu tentang lokasi dan waktu penerbangan pesawat kami, dan kami dihantam tepat di sana dan pada saat itu,” kata Putin.

”Mengapa kita meneruskan informasi ini ke Amerika? Entah mereka tidak mengontrol apa apa yang dilakukan sekutu mereka, atau mereka membocorkan informasi ini di semua tempat,” lanjut Putin, seperti dikutip Daily Mail, Jumat (27/11/2015).

Putin sampai kini tetap menunggu permintaan maaf dari Turki, meskipun Presiden Recep Tayyip Erdogan sudah menolak untuk meminta maaf. Erdogan menegaskan, pihak yang salah adalah pesawat tempur Rusia karena melanggar wilayah udara Turki dan sudah diperingatkan.

Namun, Rusia menyangkal jika pesawat jet pembom Su-24 melanggar wilayah udara Turki. Bahkan pilot Su-24 yang berhasil selamat juga membantah hal serupa. Pilot itu juga menyangkal jika Turki telah memberikan peringatan.

Putin telah menganggap alasan Turki sebagai “sampah” ketika berdalih tidak tahu jika pesawat jet Su-24 yang ditembak jatuh itu milik Rusia. ”Mereka memiliki tanda-tanda mengidentifikasi dan ini juga terlihat,” kata Putin.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8273 seconds (0.1#10.140)