Turki Tantang Rusia Berikan Bukti Soal Minyak ISIS

Kamis, 26 November 2015 - 22:18 WIB
Turki Tantang Rusia Berikan Bukti Soal Minyak ISIS
Turki Tantang Rusia Berikan Bukti Soal Minyak ISIS
A A A
ANKARA - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menantang Rusia untuk memberikan bukti terkait tuduhan yang menyatakan pihaknya telah membeli minyak dari ISIS.

"Turki membeli minyak dan gas hanya dari sumber yang dikenal dan mereka yang menuduh kami telah membeli dari ISIS perlu membuktikan tuduhan mereka," kata Erdogan seperti dikutip dari Reuters, Kamis (26/11/2015).

Erdogan juga mengungkapkan, Turki telah mengambil tindakan pencegahan untuk menghentikan penyelundupan minyak di daerah perbatasannya yang merupakan sumber utama pendapatan bagi kelompok ISIS.

Sebaliknya, Erdogan menuding Presiden Suriah Bashar al-Assad dan sekutunya, termasuk Rusia, adalah sumber keuangan dan sumber militer yang nyata bagi ISIS.

"Jika Anda sedang mencari sumber persenjataan dan kekuatan keuangan ISIS, tempat pertama untuk menemukannya adalah rezim dan negara-negara yang bekerjasama dengan Assad," ucapnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev menuding pejabat Turki mendapatkan keuntungan dari penjualan minyak ISIS. Sedangkan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan bukan rahasia lagi jika teroris menggunakan wilayah Turki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5196 seconds (0.1#10.140)