Indonesia Prihatin Turki Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia

Kamis, 26 November 2015 - 20:15 WIB
Indonesia Prihatin Turki Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia
Indonesia Prihatin Turki Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri turut memberikan komentar mengenai penembakan yang dilakukan Turki terhadap jet tempur Su-24 milik Rusia di perbatasan Suriah dan Turki. Menurut juru bicara Kemlu, Arrmanantha Nasir, Indonesia turut prihatin atas penembakan tersebut.

Berbicara saat briefing mingguan Kemlu, pria yang kerap disapa Tata tersebut berharap hal ini tidak mengalihkan perhatian dunia, khususnya Rusia yang saat ini tengah berusaha kerasa memusnahkan ISIS, baik di Suriah ataupun Irak.

"Indonesia mengikuti dengan seksama peristiwa pesawat Rusia dengan penuh keprihatinan. Indonesia mengharapkan peristiwa ini tidak mengalihkan perhatian dan fokus masayarakat internasional dalam upaya memerangi terorisme dan ekstremisme," kata Tata pada Kamis (26/11).

Jet tempur Su-24 milik Rusia ditembak jatuh jet F-16 Turki Selasa kemarin, karena dinilai melanggar wilayah udara Turki. Pemerintah Turki mengatakan, sebelum ditembak jatuh, jet Rusia tersebut sudah diberi peringatan sebanyak 10, namun tidak digubris.

Namun, hal bertolak belakang disampaikan oleh pihak Rusia yang mengatakan bahwa jet tempur mereka tidak melanggar wilayah udara Turki. Selain itu, Negeri Beruang Merah tersebut membantah bahwa jet tempur mereka diberi peringatan sebelum ditembak jatuh.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3349 seconds (0.1#10.140)