Tensi Meningkat, Rusia Sebar Sistem Jamming Elektronik di Suriah

Kamis, 26 November 2015 - 16:56 WIB
Tensi Meningkat, Rusia Sebar Sistem Jamming Elektronik di Suriah
Tensi Meningkat, Rusia Sebar Sistem Jamming Elektronik di Suriah
A A A
MOSKOW - Insiden penembakan jet tempur Rusia oleh Turki berbuntut panjang. Moskow kabarnya akan menyebar sejumlah perangkat jamming elektronik di Suriah untuk mencegah insiden tersebut terulang kembali.

Menurut salah seorang petinggi militer Rusia, Letnan Jenderal Evgeny Buzhinsky, sistem jamming elektronik ini mencakup baik pada sistem yang berbasis di darat maupun peralatan yang terpasang pada pesawat khusus.

"Mengenai kemungkinan dampak dari kejadian tersebut terhadap perkembangan lebih lanjut dari operasi di Suriah, saya berpikir bahwa dari sekarang keselamatan pilot kami akan mendapat perhatian lebih," kata Buzhinsky, seperti dikutip dari laman Sputniknews, Kamis (26/11/2015).

Dengan menyebarkan sistem jamming elektronik ini, Rusia bisa mencegah, mengidentifikasi, dan menemukan sumber serangan baik yang disengaja maupun tidak dengan radiasi elektromagnetik.

"Jika Turki terus berperilaku sedemikian rupa, Rusia akan menggunakan jamming elektronik dan peralatan perang lainnya, termasuk pesawat khusus dengan peralatan khusus di kapal untuk melindungi pilot kami dari serangan rudal," tegasnya.

Sebelumnya, pesawat tempur Rusia ditembak jatuh oleh militer Turki di dekat perbatasan Suriah. Pesawat tempur Rusia jenis Su-24 itu ditembak jatuh pesawat tempur F-16 Turki karena telah melanggar batas wilayah udara Turki. Namun hal itu dibantah oleh Rusia yang menagatakan pilotnya terbang di ketinggian 6.000 di wilayah udara Suriah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3271 seconds (0.1#10.140)