Dua Pilot Jet Su-24 Rusia Diklaim Ditembak Mati saat Terjun Payung

Rabu, 25 November 2015 - 08:11 WIB
Dua Pilot Jet Su-24 Rusia Diklaim Ditembak Mati saat Terjun Payung
Dua Pilot Jet Su-24 Rusia Diklaim Ditembak Mati saat Terjun Payung
A A A
ANKARA - Nasib tragis tak hanya dialami pesawat jet bomber Su-24 Rusia yang ditembak jatuh pesawat tempur F-16 Turki kemarin. Dua pilot jet tempur Rusia itu juga diklaim ditembak mati saat terjun payung oleh milisi Turkmen, pemberontak Suriah etnis Turki.

Laporan tewasnya dua pesawat jet pembom Su-24 Rusia itu disampaikan Wakil Komandan brigade Turkmen di Suriah, Alpaslan Celik.

”Kedua pilot tewas. Rekan kami melepaskan tembakan ke udara dan mereka tewas di udara,” kata Alpaslan Celik, seperti dikutip Reuters, Rabu (25/11/2015).

Namun, laporan lain yang berbeda menyatakan dua pilot tempur Rusia itu kemungkinan. Pemerintah Turki akan bekerja untuk membebaskan kedua pilot itu dari pemberontak Suriah.

”Unit kami, yang menerima informasi bahwa kedua pilot masih hidup, (kami) bekerja untuk mendapatkan mereka dari oposisi secara aman,” kata seorang pejabat Pemerintah Turki yang menolak diidentifikasi.

Namun, pihak Staf Umum Militer Rusia mengatakan bahwa, menurut data awal, salah satu pilot pesawat je Su-24 pilot telah meninggal setelah ditembak dari darat. Sedangkan upaya penyelamatan pilot kedua sedang berlangsung di Suriah.

Jahed Ahmad, seorang wakil dari Brigade 10, kelompok pemberontak yang menyerang pilot pesawat jet tempur Rusia, mengatakan kepada AP bahwa salah satu pilot Rusia telah tewas setelah mendarat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3979 seconds (0.1#10.140)