Perbedaan Lulusan Universitas Negeri dan Universitas Swasta, Ini yang Paling Mendasar

Selasa, 04 April 2023 - 15:09 WIB
loading...
Perbedaan Lulusan Universitas Negeri dan Universitas Swasta, Ini yang Paling Mendasar
Institut Teknologi Bandung (ITB). Foto/Dok/ITB
A A A
JAKARTA - Perbedaan lulusan universitas negeri dan universitas swasta menarik dibahas. Pasalnya hal ini dapat menjadi pertimbangan ketika memilih universitas baik negeri atau swasta hingga setelah lulus nantinya.

Setiap calon mahasiswa perlu memikirkan matang-matang jurusan serta universitas ketika melanjutkan ke perguruan tinggi.



Terkadang mahasiswa dihadapkan oleh dua pilihan, yaitu universitas negeri atau universitas swasta. Hingga saat ini, calon mahasiswa lebih banyak memilih universitas negeri? Kenapa bisa seperti itu?

Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah prestise. Masyarakat masih memandang bahwa berkuliah di perguruan tinggi negeri lebih bergengsi dan lebih terpandang ketimbang kuliah di universitas swasta.

Universitas negeri menyelenggarakan berbagai seleksi masuk. Tes seleksi masuk universitas negeri di antaranya adalah seleksi berdasarkan prestasi, seleksi berdasarkan ujian, hingga seleksi mandiri. Tak ayal, ribuan calon mahasiswa berbondong-bondong mengikuti rangkaian seleksi universitas negeri demi bisa diterima di universitas idamannya.



Biaya kuliah di universitas negeri yang terbilang murah dibandingkan universitas swasta juga menjadi salah satu pertimbangan kenapa banyak yang memilih kuliah di kampus negeri. Nantinya mahasiswa yang diterima dapat mengajukan keringanan biaya kuliah sesuai dengan kondisi orang tua mahasiswa.

Setelah itu yang menjadi pertimbangan selanjutnya adalah lulusan. Lulusan universitas negeri dinilai lebih kredibel ketimbang lulusan universitas swasta? Namun, apakah benar seperti itu?

Hingga saat ini, tidak dipungkiri masyarakat memiliki pandangan apabila lulusan universitas negeri lebih mendapat kesempatan lebih besar di perusahaan ternama ketimbang lulusan universitas swasta. Tempat pendidikan calon pelamar tidak menjadi poin utama perusahaan dalam mempekerjakan seseorang.

Faktor penting yang harus dimiliki baik oleh lulusan universitas negeri maupun universitas swasta adalah kemampuan yang dimiliki hingga sikap dan etika dalam dunia kerja. Hal ini tidak didasarkan pada asal kampus.

Lulusan universitas swasta bisa menjadi orang yang sukses sama halnya seperti lulusan universitas negeri. Kita tidak dapat menilai bahwa lulusan universitas negeri lebih baik dari lulusan universitas swasta. Sebab, hal ini kembali lagi kepada kualitas individu masing-masing.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7333 seconds (0.1#10.140)