Menang Pemilu Myanmar, Obama Selamati Suu Kyi

Kamis, 12 November 2015 - 20:38 WIB
Menang Pemilu Myanmar, Obama Selamati Suu Kyi
Menang Pemilu Myanmar, Obama Selamati Suu Kyi
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dikabarkan telah mengucapkan selamat kepada pemimpin partai Liga Nasional Demokrasi (NLD) Aung San Suu Kyi atas kemenanganya di pemilu Myanmar, yang berlangsung pada akhir pekan lalu.

"Presiden Barack Obama telah mengucapkan selamat Aung San Suu Kyi dan partai yang dia pimpin, NLD atas kesukseskan mereka di pemilu Myanmar," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (12/11).

Gedung Putih menuturkan, ucapan selamat tersebut disampaikan kala keduanya melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon siang tadi. Obama, menurut Gedung Putih, memuji Suu Kyi atas kerja kerasnya menyuarakan demokrasi di Myanmar.

"Obama dalam perbicangan itu memuji Suu Kyi untuk usaha yang tak kenal lelah dan pengorbanan selama bertahun-tahun untuk mempromosikan lebih jauh proses demokrasi yang inklusif, damai, dan demokratis di Myanmar," sambungnya.

"Dirinya juga mencatat bahwa pemilihan dan pembentukan pemerintah baru bisa menjadi langkah penting dan maju dalam transisi demokrasi di Myanmar," Gedung Putih menambahkan.

NLD sendiri dipastikan memang telak dalam pemilu di negara yang dahulu bernama Burma tersebut. Berdasaran perhitungan sementara, NLD setidaknya mendapatkan 80 persen suara dalam pemilu kali ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3936 seconds (0.1#10.140)