Rouhani: Fokus Utama Adalah Pemerintahan Baru Suriah

Kamis, 12 November 2015 - 18:28 WIB
Rouhani: Fokus Utama Adalah Pemerintahan Baru Suriah
Rouhani: Fokus Utama Adalah Pemerintahan Baru Suriah
A A A
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan, semua pihak yang terlibat dalam pembicaraan Wina harusnya berfokus pada pemerintahan baru Suriah, dan bukan pada siapa yang akan memimpin Suriah kelak. Menurutnya, kebutuhan untuk menciptakan pemerintahan yang kuat di Damaskus adalah yang utama.

"Ini bukan pertanyaan mengenai seseorang, ini adalah sebuah pertanyaan mengenai keamanan dan stabilitas," kata Rouhani dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Kamis (12/11).

"Kita semua harus melakukan upaya pemberantasan terorisme di Suriah dan memastikan bahwa perdamaian dan stabilitas kembali menyelimuti negara tersebut," sambung pemimpin Iran tersebut.

Sementara itu, ketika disinggung mengenai bagaimana nasib Assad, dan siapa yang berhak menentukan nasib Assad, Rouhani menegaskan hanya satu pihak yang bisa menentukan itu, yakni masyarakat Suriah.

"itu semua ada di tangan masyarakat Suriah. Ini adalah hak mereka untuk memutuskan siapa yang kelak akan pemimpin mereka," imbuhnya.

Pernyataan Rouhani ini muncul hanya beberapa hari menjelang putaran kedua pembicaraan Wina. Masa depan Assad memang menjadi salah satu pembahasan dalam pembicaraan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2995 seconds (0.1#10.140)