PBB Antisipasi Arus Pengungsi Jika Tentara Irak Serang Mosul

Senin, 09 November 2015 - 22:14 WIB
PBB Antisipasi Arus Pengungsi Jika Tentara Irak Serang Mosul
PBB Antisipasi Arus Pengungsi Jika Tentara Irak Serang Mosul
A A A
ERBIL - PBB mengaku tengah bersiap mengantisipasi arus pengungsi warga sipil Irak yang melarikan diri dari kota Mosul. Hal ini diprediksi akan terjadi ketika militer Irak melancarkan serangan ke kota itu dan mengambil alih Mosul dari tangan ISIS.

Seperti dilaporkan Reuters, Senin (9/11), belum diketahui pasti kapan militer Irak akan melancarkan serangan besar-besaran ke Mosul. Saat ini, militer Irak juga masih terlibat pertempuran di bagian lain negara itu.

Menurut Bruno Geddo, perwakilan UNHCR di Irak, lembaga PBB yang mengurusi pengungsi itu sedang mempersiapkan bantuan bagi warga sipil yang akan melarikan diri dari Mosul. UNHCR juga tengah menyiapkan lokasi kamp pengungsian, meski diyakini kamp itu tak akan mampu menampung semua pengungsi.

"Kali ini, komunitas kemanusiaan sangat menyadari, tidak akan ada pembenaran jika kita kembali tidak siap (menyambut pengungsi). Mungkin akan diperlukan pemindahan warga sipil besar-besaran,” kata Geddo dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Saat ini, sebagian besar penduduk Mosul yang berjumlah lebih dari 1 juta jiwa tetap berada di kota itu setelah ISIS menguasai Mosul pada Juni 2014. ISIS melarang penduduk Mosul untuk meninggalkan kota mereka dan mengancam akan membunuh penduduk yang coba melarikan diri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5083 seconds (0.1#10.140)