Pemberontak Yaman Tenggelamkan Kapal Koalisi Pimpinan Saudi

Senin, 26 Oktober 2015 - 16:16 WIB
Pemberontak Yaman Tenggelamkan Kapal Koalisi Pimpinan Saudi
Pemberontak Yaman Tenggelamkan Kapal Koalisi Pimpinan Saudi
A A A
ADEN - Pasukan loyalis mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh, yang saat ini bergabung dengan pemberontak Yaman, dilaporkan telah menenggelamkan sebuah kapal milik koalisi Teluk pimpinan Arab Saudi. Kapal itu ditenggelamkan ketika merapat di pelabuhan Mocha yang terletak di Laut Merah.

Menurut seorang sumber militer Yaman, kapal tersebut tenggelam setelah terkena sejumlah rudal yang ditembakan oleh pasukan loyalis Saleh. Sumber itu juga menyebut, kapal tersebut tidak sempat membalas karena serangan itu berlangsung secara mendadak.

"Bagian dari Yaman Army meluncurkan rudal ke arah salah satu kapal perang, yang sedang berada di pelabuhan Mocha. Serangan itu tepat sasaran, dan kapal tersebut akhirnya tenggelam," kata sumber dalam kondisi anonim, seperti dilansir Sputnik pada Senin (26/10).

Pertempuran antara koalisi pimpinan Saudi sendiri dan pemberontak Yaman, yakni Houthi yang dibantu oleh loyalis Saleh masih terus terjadi sampai saat ini. Ribuan hingga belasan ribu orang dilaporkan tewas dalam pertempuran itu, dan ratusan ribu orang telah meninggalkan negara tersebut untuk menghindari perang.

Perang di Yaman sendiri dimulai pada Maret lalu. Ini diawali dengan permintaan Presiden Yaman Abd Mansour Hadi kepada negara Teluk untuk menyerang negaranya dan mengalahkan Houthi, yang sudah menguasai sebagian besar Yaman. Hadi meminta bantuan sudah melarikan diri ke Saudi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2965 seconds (0.1#10.140)