Puing MH370 Ditemukan di Samudera Hindia?

Rabu, 21 Oktober 2015 - 14:38 WIB
Puing MH370 Ditemukan di Samudera Hindia?
Puing MH370 Ditemukan di Samudera Hindia?
A A A
SYDNEY - Sebuah gambar sonar yang diambil dari dasar Samudera Hindia oleh perusahaan konsultan Amerika Serikat (AS) menemukan reruntuhan pesawat yang mirip dengan pesawat Malaysia Airlines yang hilang setahun lalu, MH370.

Para ahli laut dalam dari Williamson & Associates, sebuah perusahaan konsultan geofisika mengatakan, gambar sonar di dasar Samudera Hindia menunjukan puing-puing yang mereka duga adalah puing-puing dari pesawat Malaysia yang hilang.

Menurut para ahli itu, ada bagian khusus yang menunjukan kemiripan dengan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH370, seperti dikutip dari laman IB Times, Rabu (21/10/2015).

Grup tersebut lantas membandingkan gambar yang mereka peroleh dari sonar tersebut dengan pesawat Air France 447 yang jatuh di Samudera Atlantic dalam penerbangan dari Rio de Janeiro menuju Paris dengan membawa 228 penumpang. Kerangka pesawat tersebut tidak ditemukan selama dua tahun setelah kecelakaan.

Berkaca pada kejadian MH370, jika memang pesawat nahas itu berada di dasar Samudera Hindia, maka kondisinya kurang lebih akan sama. Untuk memastikan apakah benar yang berada di dasar Samudera Hindia tersebut adalah kerangka pesawat MH370, kelompok tersebut mengatakan perlu dieksplorasi lebih lanjut.

"Kami percaya setiap target yang mempunyai karakteristik ini harus diselidiki dengan level priotitas tinggi," bunyi pernyataan Williamson.

Namun, temuan Williamson & Associates ini dibantah oleh Biro Keamanan dan Transoportasi Australia. Menurut mereka, gambar yang mereka duga adalah puing-puing pesawat merupakan gambaran geografis di wilayah tersebut dan sama sekali bukan puing-puing pesawat MH370.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4675 seconds (0.1#10.140)