Pertama Dalam 45 Tahun, Menlu Saudi Kunjungi Indonesia

Selasa, 20 Oktober 2015 - 20:47 WIB
Pertama Dalam 45 Tahun, Menlu Saudi Kunjungi Indonesia
Pertama Dalam 45 Tahun, Menlu Saudi Kunjungi Indonesia
A A A
JAKARTA - Kunjungan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir ternyata merupakan salah satu kunjungan bersejarah bagi hubungan Indonesia-Arab Saudi. Jubeir adalah Menteri Luar Negeri Saudi kedua yang mengunjungi Indonesia dalam kurun waktu 45 tahun terakhir.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menuturkan, terakhir kali Menlu Saudi melakukan kunjungan ke Indonesia adalah pada tahun 1970. Menurutnya, untuk dua negara yang memiliki hubungan yang cukup dekat, hal semacam ini harusnya tidak terjadi.

"Tadi Menteri Luar Negerinya menyampaikan ini adalah kunjungan bilateral pertama Menteri Luar Negeri Arab Saudi yang pertama setelah 1970. Jadi, sudah 45 tahun Menteri Luar Negeri arab saudi tidak bekujung ke Indonesia," kata Retno pada Selasa (20/10).

"Ketika kita mendengar Arab Saudi, tampaknya kita merasa dekat. Tapi, bahwasanya seorang Menteri Luar Negeri Arab Saudi tidak berkunjung ke Indonesia selama 45 tahun, saya kira kurang menunjukan rasa kedekatan itu, hal itulah yang coba kita perbaiki saat ini," imbuhnya.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi yang terakhir mengunjungi Indonesia sebelum Jubeir adalah Faisal bin Abdul Aziz Alu Saud. Saat itu, Faisal sejatinya adalah Raja Saudi, yang merangkap sebagai Menlu Negeri kaya minyak itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5898 seconds (0.1#10.140)