Ditemukan Foto Kejam Tentara Belanda Eksekusi 6 Pejuang Indonesia

Sabtu, 17 Oktober 2015 - 12:20 WIB
Ditemukan Foto Kejam Tentara Belanda Eksekusi 6 Pejuang Indonesia
Ditemukan Foto Kejam Tentara Belanda Eksekusi 6 Pejuang Indonesia
A A A
JAKARTA - Sebuah foto terbaru dirilis media Belanda, de Volkskrant, pada hari Jumat (16/10/2015) yang menunjukkan kekejaman tentara Belanda terhadap para pejuang Indonesia di masa lalu. Foto itu menunjukkan enam pejuang Indonesia dieksekusi di satu tempat oleh tentara Belanda.

Foto terbaru itu bagian dari total 179 foto dan slides yang sebelumnya tidak pernah dipublikasikan di media mana pun. Foto tersebut ditemukan di ruang penyimpan barang berharga di sebuah bangunan bekas bank di Gouda, kota di Belanda tengah. Bangunan itu kini menjadi gedung Museum Perlawanan di Provinsi Zuid-Holland.

Joost Lamboo yang bertanggung jawab atas foto-foto koleksi museum, memberikan pernyataan tentang foto tersebut.

”Semua foto ini langsung mengingatkan saya pada foto-foto eksekusi yang pernah diumumkan oleh harian de Volkskrant pada bulan Juli 2012. Pria-pria yang dieksekusi berdiri di pinggir parit yang dangkal. Foto-foto ini dibuat dari jarak yang sangat dekat dan itu luar biasa. Dua dari enam pria (Indonesia) itu sebenarnya gampang sekali diidentifikasi siapa mereka,” kata Lamboo.

Media Belanda itu melaporkan, di antara koleksi foto yang ada, terdapat juga foto desa yang dibakar habis, aksi pembersihan, dan interogasi terhadap orang-orang Indonesia yang ditelanjangi.

Ada pula slide beberapa pejuang Indonesia yang sudah dipenggal kepala mereka. Kendati demikian, ada slide orang Indonesia yang menunjukkan sebuah piagam. Piagam tersebut menjadi bukti kesetiaan pemegang piagam kepada pemerintah Kolonial Belanda. Piagam itu diduga pemberian Kerajaan Belanda usai Perang Aceh (1873-1914).

Lamboo mengaku menemukan foto itu secara tidak sengaja. Di sebuah ruang dengan pintu besi ditemukan beberapa laci berisi barang-barang yang mengingatkan orang terhadap Perang Dunia II. Contohnya, medali Nazi, emblem SS yang dipakai untuk dibalutken pada lengan atas. Selain itu ada juga bintang Yahudi dan barang-barang warisan sekutu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4476 seconds (0.1#10.140)