AS Coba Halangi Niat China Bantu Rusia Perangi ISIS

Sabtu, 10 Oktober 2015 - 21:45 WIB
AS Coba Halangi Niat China Bantu Rusia Perangi ISIS
AS Coba Halangi Niat China Bantu Rusia Perangi ISIS
A A A
MOSKOW - Amerika Serikat (AS) dikabarkan akan mengirimkan sebuah kapal perang ke Kepulauan Spratly yang ada di Laut China Selatan. Seorang jurnalis menilai, langkah itu diambil karena AS mempunyai niatan untuk menghentikan Beijing membantu Moskow dalam memerangi ISIS di Suriah.

Marco Maier yang menulis untuk Contra Magazin mencatat, bahwa langkah Washington bisa juga dilihat sebagai respon terhadap China yang mengambil bagian dalam latihan maritim Sino-Rusia yang diselenggarakan di Mediterania pada bulan Mei lalu.

"AS tidak memiliki andil dalam wilayah yang cukup jauh, sejak ada aturan yang menyatakan bahwa sengketa mengenai wilayah teritorial harus diselesaikan oleh negara-negara bertetangga yang ada di kawasn itu," ujarnya seperti dikutip dari laman Sputnik, Sabtu (10/10/2015).

Santer diberitakan bahwa AS akan mengirimkan kapal perangnya ke wilayah Laut China Selatan. Namun, kabar ini belum mendapat konfirmasi resmi dari AS meski menurut kabar yang beredar rencana itu akan dilakukan dalam waktu dua minggu ke depan.

China sendiri langsung bereaksi dengan memperingatkan AS terhadap langkah-langkah provokatif yang diambilnya. China juga menegaskan tidak akan membiarkan negara manapun untuk melanggar wilayah perairan di negara itu dan wilayah udara Kepulauan Spratly.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4989 seconds (0.1#10.140)