89 Anggota Sindikat Penyelundup Manusia Dicokok Polisi Spanyol

Sabtu, 10 Oktober 2015 - 19:14 WIB
89 Anggota Sindikat Penyelundup Manusia Dicokok Polisi Spanyol
89 Anggota Sindikat Penyelundup Manusia Dicokok Polisi Spanyol
A A A
MADRID - Polisi Spanyol telah menangkap 89 orang yang dituduh menjadi bagian dari jaringan penyelundupan warga negara China ke Inggris, Irlandia, Kanada, dan Amerika Serikat. Begitu bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri Spanyol.

Penangkapan terhadap 89 orang anggota sindikat penyelundupan manusia ini dilakukan pihak kepolisian ketika menyelidiki penangkapan terhadap sejumlah warga asing yang menggunakan paspor palsu di Bandara Spanyol. Warga negara asing yang ditangkap itu termasuk mereka yang berasal dari Korea Selatan, Jepang, Malaysia, dan Portugal.

"Jaringan yang dijalankan oleh warga negara China dan Pakistan ini menjadikan Spanyol sebagai tempat transit. Mereka akan menempatkan para korbannya di perumahan rakyat, di sebuah apartemen yang berada di timur laut negara itu sembari menunggu dokumen palsu yang mereka buat selesai," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (10/10/2015).

Menurut Kemdagri Spanyol, para penyelundup mengenakan biaya sebesar 20.000 Euro (USD 22.700) per orang dengan ketentuan setengah dibayar di negara asal dan setengah lainnya diserahkan setelah mereka tiba di tempat tujuan. Jika pembayaran kedua tidak dilunasi, maka dokumentasi perjalanan akan dirahasiakan dan, dalam banyak kasus, sindikat ini mengancam anggota keluarga para korban.

Empat orang dari anggota sindikat ini menghadapi tuduhan menjalani organisasi kriminal, terlibat dalam pemalsuan dokumen dan kejahatan terhadap warga asing. Sementara 85 orang lainnya dikenakan tuduhan pemalsuan dokumken dan kejahatan terhadap warga asing.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3737 seconds (0.1#10.140)