Kapal Perang AS Akan Dekati Pulau Buatan China

Kamis, 08 Oktober 2015 - 18:12 WIB
Kapal Perang AS Akan Dekati Pulau Buatan China
Kapal Perang AS Akan Dekati Pulau Buatan China
A A A
WASHINGTON - Seorang pejabat senior Amerika Serikat (AS) mengatakan, sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) akan berlayar untuk mendekati pulau buatan China di Laut China Selatan. Langkah ini adalah sinyal kepada Beijing, bahwa Washington tidak mengakui klaim teritorial Negara Tirai Bambu itu terhadap wilayah tersebut.

Pejabat yang tidak mau identitasnya diungkap tersebut mengatakan, kapal perang AS akan berlayar dalam zonal 12 mil laut dari wilayah laut yang diklaim China sebagai wilayah teritorialnya. China bahkan membangun Kepulauan Spratly di wilayah tersebut.

Menurut pejabat tersebut, tindakan itu akan dilakukan dalam waktu dua pekan lagi, seperti dikutip dari laman Financial Times, Kamis (8/10/2015).

Kabar ini muncul hanya selang satu hari setelah komandan Armada Pasifik Amerika Serikat, Scott Swift mengatakan bahwa AS akan terbang, berlayar, dan beroperasi di manapun hukum internasional berlaku, seperti yang dilakukan AS di seluruh dunia.

"Beberapa negara di kawasan ini terus memaksakan peringatan berlebihan dan pembatasan kebebasan laut di zona ekonomi eksklusif mereka dan mengklaim hak perairan yang tidak sesaui dengan Hukum Laut Internasional (UNCLOS)," kata Swift dalam konferensi maritim di Australia. "Tren ini sangat mengerikan," tambah Swift.

Kabar mengenai keinginan AS menyambangi pulau-pulau buatan China di Laut China Selatan ini sempat muncul pada bulan Mei lalu. Namun pada saat itu juru bicara Kementerian Luar Negeri China mendesak AS untuk menahan diri dan tidak mengambil tindakan berisiko dan provokatif.

China mengklaim hampir semua wilayah di Laut China Selatan sebagai daerah teritorialnya. Hal ini membuat hubungan China dengan sejumlah negara tetangganya dan negara-negara di kawasan tersebut menjadi renggang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4529 seconds (0.1#10.140)