Percaya Nuklir Korut Bisa Capai AS, Washington Siaga 24 Jam

Kamis, 08 Oktober 2015 - 12:05 WIB
Percaya Nuklir Korut Bisa Capai AS, Washington Siaga 24 Jam
Percaya Nuklir Korut Bisa Capai AS, Washington Siaga 24 Jam
A A A
WASHINGTON - Pemerintah Amerika Serikat (AS) percaya bahwa Korea Utara (Korut) memiliki kemampuan untuk meluncurkan senjata nuklirnya hingga mencapai wilayah AS. Pihak militer Washington siap melawan dan siaga 24 jam.

Hal itu disampaikan Komandan Komando Pertahanan Udara Amerika Utara, Laksamana Bill Gortney. Menurutnya, informasi kemampuan Korut menembakkan senjata nuklirnya itu diperoleh dari intelijen AS.

”Kami menilai bahwa mereka memiliki kemampuan untuk mencapai Tanah Air (AS) dengan senjata nuklir dari roket,” KATA Gortney dalam sebuah acara yang digelar kelompok think thank Dewan Atlantik, sebagaimana dikutip Reuters, Kamis (8/10/2015).

Gortney mengatakan sangat sulit untuk memprediksi perilaku pemimpin Korut, Kim Jong-un. Tetapi, militer AS siap untuk merespons jika Kim Jong-un benar-benar menggunakan senjata nuklirnya.

”Kami siap untuk dia, dan kami siap 24 jam sehari jika ia harus bertindak cukup bodoh untuk menembak sesuatu pada kami,” lanjut Gortney. “Saya cukup yakin bahwa kita akan merobohkan nomor (senjata) yang akan ditembak.”

Badan Antariksa Korut mengatakan pada bulan lalu bahwa Pyongyang membangun satelit baru dan siap digunakan untuk peluncuran roket jarak jauh. Sedangkan Badan Pertahanan Rudal AS meyakini bahwa rezim Pyongyang mampu meluncurkan rudal balistik antarbenua pada tahun ini.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4102 seconds (0.1#10.140)