Ukraina Tuding Separatis Pro-Rusia Langgar Gencatan Senjata

Kamis, 08 Oktober 2015 - 01:00 WIB
Ukraina Tuding Separatis Pro-Rusia Langgar Gencatan Senjata
Ukraina Tuding Separatis Pro-Rusia Langgar Gencatan Senjata
A A A
KIEV - Militer Ukraina menyatakan pada Rabu (7/10), separatis pro-Rusia telah melanggar gencatan senjata di bagian timur negara itu. Ukraina menuding, kaum separatis telah menembakkan rudal anti-tank dan melukai empat tentara Ukraina.

"Hari ini, kelompok-kelompok bersenjata ilegal telah mengabaikan perjanjian perdamaian dan melanggar gencatan senjata. Separatis telah menembakkan rudal anti-tank," ungkap militer Ukraina dalam sebuah pernyataan di Facebook, seperti dikutip dari Reuters.

Pelanggaran gencatan senjata ini terjadi setelah Presiden Ukraina, Petro Poroshenko memuji gencatan senjata yang disepakati kedua belah pihak dalam beberapa pekan terakhir.

"Kami berhasil menghentikan sementara fase panas konflik. Hal yang utama adalah kami berhasil menghentikan permusuhan,” kata Poroshenko saat berpidato di Akademi Militer Kiev.

Belum bisa dipastikan apakah tudingan pelanggaran gencatan senjata ini akan kembali memicu pertempuran di wilayah itu. Separatis Pro-Rusia belum memberikan tanggapan atas tuduhan Kiev itu. Kaum Separatis sebelumnya sempat melaporkan adanya pelanggaran gencatan senjata dari sisi Ukraina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4760 seconds (0.1#10.140)