Lagi, Turki Ancam Rusia

Rabu, 07 Oktober 2015 - 16:53 WIB
Lagi, Turki Ancam Rusia
Lagi, Turki Ancam Rusia
A A A
ANKARA - Pemerintah Turki kembali melemparkan ancaman kepada Rusia. Ancaman terbaru ini datang setelah jet tempur Rusia kembali melakukan pelanggaran terhadap wilayah udara Turki.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara partai AK yang merupakan partai penguasa di Turki, Omer Celik menegaskan, jika jet tempur Rusia kembali melakukan pelanggaran terhadap wilayah udara Turki, maka Turki akan menganggapnya sebagai ancaman. Dimana, pada umumnya setiap ancaman akan mendapatkan respon serius.

Namun, seperti dilansir Reuters pada Rabu (7/10/2015), di saat yang bersamaan Celik juga menyebut bahwa pihaknya menyambut baik rencana pertemuan antara pejabat tinggi militer Rusia dan Turki di Ankara untuk membahas hal ini.

"Kami melihat permintaan Rusia untuk duduk bersama dan menjelaskan hal ini sebagai hal positif. Rusia adalah teman, tapi jika pelanggaran seperti ini terus terjadi, kita akan melihatnya sebagai ancaman dan perilaku tidak ramah," ucapnya.

Sebelumnya, Turki juga sempat melemparkan ancaman pada Rusia, di saat jet tempur Rusia melakukan pelanggaran wilayah udara pertama. Walaupun tidak secara tersurat, pernyataan yang dilontarkan oleh Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu kala itu menjurus pada Rusia.

Dalam pernyataannya, Davutoglu menegaskan akan menurunkan kekuatan militer mereka untuk mencegah siapapun melanggar batas udara mereka.

"Aturan kami soal menggunakan pendekatan (militer) bagi siapapun yang melanggar batas wilayah udara kami sangat jelas. Angkatan Bersenjata Turki telah mendapat instruksi yang jelas mengenai hal ini. Bahkan, seekor burungpun akan kami cegah jika dinilai melanggar," ucapnya kala itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4162 seconds (0.1#10.140)