Protes Pelanggaran Udara, Turki Kembali Panggil Dubes Rusia

Rabu, 07 Oktober 2015 - 16:51 WIB
Protes Pelanggaran Udara, Turki Kembali Panggil Dubes Rusia
Protes Pelanggaran Udara, Turki Kembali Panggil Dubes Rusia
A A A
ANKARA - Kementerian Luar Negeri Turki mengatakan bahwa mereka telah memanggil kembali Duta Besar Rusia untuk Turki. Pemanggilan ini merupakan buntut dari pelanggaran wilayah udara yang kedua kali dilakukan oleh jet tempur Rusia.

Pemanggilan ini merupakan pemanggilan ketiga yang dilakukan pemerintah Turki terhadap perwakilan Rusia. Sebelumnya, Turki telah memanggil Duta Besar Rusia pada hari Sabtu dan Senin karena alasan yang sama.

"Kami kembali memperingatkan Duta Besar Rusia di Ankara atas pelanggaran berulang terhadap wilayah udara Turki oleh jet tempur Rusia," bunyi pernyataan kementerian tersebut, seperti dilansir Reuters pada Rabu (7/10/2015).

Jet tempur Rusia memang kembali dilaporkan melakukan manuver di dekat perbatasan Turki, yang berujung pada pelanggara wilayah udara Turki. Sebagai respon pertama atas pelanggaran tersebut, jet tempur Turki langsung mencegat jet tempur Rusia tersebut.

Sementara itu, kementerian itu juga menuturkan bahwa pihaknya siap untuk melakukan pertemuan dengan pejabat tinggi Rusia untuk membahas langkah-langkah guna menghindari terulangnya kejadian semacam ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3822 seconds (0.1#10.140)