MSF Bantah RS Jadi Tempat Persembunyian Taliban

Minggu, 04 Oktober 2015 - 21:19 WIB
MSF Bantah RS Jadi Tempat Persembunyian Taliban
MSF Bantah RS Jadi Tempat Persembunyian Taliban
A A A
KABUL - Kelompok bantuan medis, Medecins Sans Frontieres (MSF), membantah jika anggota kelompok Taliban menembaki tentara Afghanistan dan NATO dari rumah sakit milik mereka.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan pejuang Taliban telah menyerang dan bersembunyi di rumah sakit tersebut dan menjadikannya sebagai perisai manusia. Pihak militer Amerika Serikat (AS) pun melakukan serangan udara "di sekitar" rumah sakit karena gerilyawan Taliban yang menjadi target serangan menembaki personel militer AS.

"Pintu-pintu gerbang kompleks rumah sakit ditutup sepanjang malam, sehingga tidak ada satu pun dari staf, pasien, atau perawat berada di dalam rumah sakit saat pemboman itu terjadi," bunyi pernyataan MSF seperti dikutip dari laman Reuters, Minggu (4/10/2015).

"Dalam kasus apapun, melakukan pemboman terhadap rumah sakit yang beroperasi penuh tidak dapat dibenarkan," demikian pernyataan itu. MSF mengatakan, serangan udara itu telah menewaskan 19 staf dan pasien serta menyebabkan 37 orang terluka.

Selain itu, serangan tersebut juga menyebabkan rumah sakit sudah tidak dapat berfungsi lagi dan membuat MSF menarik keluar sebagian besar stafnya.

Serangan udara AS yang menyasar ke rumah sakit ini menuai kecaman dari sejumlah pihak. Selain itu, atas insiden ini, Presiden AS Barack Obama memerintahkan Departemen Pertahanan untuk melakukan penyelidikan menyeluruh.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4975 seconds (0.1#10.140)