Tentara Ukraina dan Separatis Pro Rusia Mundur Teratur

Sabtu, 03 Oktober 2015 - 21:34 WIB
Tentara Ukraina dan Separatis Pro Rusia Mundur Teratur
Tentara Ukraina dan Separatis Pro Rusia Mundur Teratur
A A A
KIEV - Pasukan pemerintah Ukraina dan kelompok separatis pro-Rusia mengatakan telah menarik mundur senjata masing-masing dari garis pertempuran di timur negara itu.

Pejabat Ukraina mengatakan, persiapan penarikan sejumlah senjata itu telah dilakukan sejak Sabtu pagi dan baru pada sore hari penarikan senjata dilakukan. Langkah yang sama juga telah dilakukan oleh kelompok separatis di wilayah Luhansk yang mengaku telah menarik tank-tank milik mereka seperti dikutip dari laman BBC, Sabtu (3/10/2015).

Kedua belah pihak telah berkomitmen untuk menarik mundur material senjata mereka yang berukuran kurang dari kaliber 100mm. Sementara itu, kelompok separatis di wilayah Donetsk mengatakan mereka akan akan mulai menarik senjata mereka keluar dari garis pertempuran pada tanggal 18 Oktober mendatang.

Proses penarikan senjata kedua belah pihak ini belum diverifikasi oleh tim pemantau internasional dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE). Tanggal penarikan mundur senjata kedua belah pihak yang bersitegang ini diumumkan pada pertemuan para pemimpin dari Ukraina, Rusia, Prancis, dan Jerman pada hari Jumat kemarin.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3729 seconds (0.1#10.140)