Malaysia Bakal Tampung 3.000 Imigran Suriah

Sabtu, 03 Oktober 2015 - 18:47 WIB
Malaysia Bakal Tampung 3.000 Imigran Suriah
Malaysia Bakal Tampung 3.000 Imigran Suriah
A A A
KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak mengatakan, Malaysia akan membuka pintu bagi 3.000 imigran asal Suriah selama tiga tahun ke depan untuk membantu menangani krisis pengungsi.

Razak mengatakan, negara-negara Muslim mempunyai tanggung jawab terhadap warga Suriah yang terpinggirkan karena meninggalkan negeri mereka sehingga menyebabkan tekanan sosial dan ekonomi di Eropa.

"Inilah sebabnya Malaysia mengambil tanggung jawab, setelah beberapa tahun, banyak orang melarikan diri dari perang, kelaparan, dan penganiayaan," ujar Razak saat berpidato dalam sidang Majelis Umum PBB di New York seperti dikutip dari laman Asiaone, Sabtu (3/10/2015).

Razak mengatakan bahwa diperlukan solusi internasional yang baru untuk menghadapi penderitaan para imigran.

"Hanya dengan melewati batas-batas ras dan agama, hanya dengan melihat sebuah gambaran kehidupan yang penuh putus asa dari para imigran dan hanya dengan melihat gambar memilukan anak berumur tiga tahun, Aylan Kurdi, terdampar kita tahu bahwa kita harus bertindak untuk sebuah kehidupan yang lebih baik," tambahnya.

Sekitar empat juta pengungsi Suriah diperkirakan telah melarikan diri ke sejumlah negara tetangga selama empat tahun terakhir dan berjuang menghadapi kesulitan dan kemiskinan. Belakangan, ratusan ribu pengungsi Suria dan sejumlah negara di Afrika Utara nekat menyeberangi Laut Mediterania untuk meminta suaka kepada negara-negara di Eropa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4006 seconds (0.1#10.140)