Pemimpin Kudeta Burkina Faso Ditahan

Jum'at, 02 Oktober 2015 - 13:35 WIB
Pemimpin Kudeta Burkina Faso Ditahan
Pemimpin Kudeta Burkina Faso Ditahan
A A A
OUAGADOUGOU - Pemimpin kudeta di Burkina Faso, Jenderal Gilbert Diendere ditangkap pasukan keamanan negara itu. Beberapa laporan mengatakan, ia sebelumnya telah menyerah kepada misi diplomatik yang tidak disebutkan namanya di ibukota Ouagadougou.

Diandere sebelumnya mengungsi di kediaman wakil Vatikan di Burkina Faso. "Dia (Diendere) telah diserahkan ke pihak berwenang Burkinabe," begitu pernyataan seorang sumber peradilan seperti dikutip dari laman BBC, Jumat (2/10/2015). Selain harus meringkuk di penjara, sejumlah aset milik Diandere dan 13 orang lain yang terlibat dalam kudeta seumur jagung itu juga dibekukan.

Sementara itu, dalam pertemuan terpisah, presiden interim Michael Kafando yang telah kembali memerintah di negara itu memutuskan untuk membubarkan pasukan pengawal presiden (RSP) dan memberhentikan menteri yang bertanggung jawab atas keamanan.
RSP adalah unit yang setia kepada eks presiden Burkina Faso Blaise Compaore, yang melakukan kudeta di bawah pimpinan Diendere.

Unit ini menyerbung ruang kabinet pada tanggal 16 September lalu dan sempat menawan Presiden, Perdana Menteri, dan sejumlah pejabat lain.
Seminggu kemudian, ketika mereka mengetahui tidak mendapat dukungan rakyat dan setelah mendapat ultimatum dari tentara reguler untuk mundur atau digulingkan secara paksa, RSP kemudian menarik diri dari ibukota. Setidaknya 10 orang tewas dan lebih dari 100 orang terluka dalam bentrokan selama masa kudeta.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3456 seconds (0.1#10.140)