Resmi, Malcom Turnbull Jadi PM Baru Australia

Selasa, 15 September 2015 - 14:23 WIB
Resmi, Malcom Turnbull Jadi PM Baru Australia
Resmi, Malcom Turnbull Jadi PM Baru Australia
A A A
CANBERA - Mantan Menteri Komunikasi Australia Malcom Turnbull telah resmi menjadi Perdana Menteri (PM) baru Australia. Turnbull telah mengucap sumpah untuk menjadi pemimpin baru Negeri Kanguru tersebut.

"Saya Malcolm Bligh Turnbull, bersumpah bahwa saya akan dengan baik dan benar-benar melayani rakyat Australia di kantor Perdana Menteri dan bahwa saya akan setia dan loyal kepada Ratu Elizabeth II, Ratu Australia, semoga Tuhan membantu saya menjalankan ini," ucap Turnbull saat diambil sumpahnya sebagai PM Australia.

Seperti dilansir ABC pada Selasa (15/9/2015), Turnbull adalah PM Australia ke-29 dalam sejarah negara tersebut, dan menjadi PM kelima yang memimpin Australia dalam kurun waktu delapan tahun terakhir.

Dirinya menjadi PM Australia setelah mengalahkan Tony Abbott dalam pemilihan ketua Partai Liberal, kemarin. Di Australia, siapapun yang menjadi pemimpin partai penguasa, dimana saat ini yang menjadi partai penguasa adalah Partai Liberal, berhak menjadi PM Australia.

Miliarder Australia itu mengalahkan Abbott dengan angka yang cukup telak, dimana Turbull mendapatkan 55 persen suara, sedangkan Abbott mendapatkan 45 persen suara. Sikap gegabah Abbott dinilai menjadi penyebab kekalahan pria yang kerap memancing ketegangan dengan Indonesia itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3989 seconds (0.1#10.140)