Dikira ISIS, Mesir Tembak Mati 12 Turis saat Konvoi

Senin, 14 September 2015 - 10:38 WIB
Dikira ISIS, Mesir Tembak Mati 12 Turis saat Konvoi
Dikira ISIS, Mesir Tembak Mati 12 Turis saat Konvoi
A A A
KAIRO - Militer Mesir melakukan kesalahan fatal, yakni menembak mati 12 turis Meskiko dan Meisr yang sedang konvoi, semlam. Militer Mesir mengira, para turis itu adalah militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang sedang diburu.

Selain 12 turis tewas, ada 10 turis lainnya yang terluka dalam aksi salah tembak itu. Para turis Meksiko dan Mesir itu awalnya menaiki kendaraan yang melintasi sebuah gurun di wilayah Mesir barat. Namun, rombongan turis itu justru diserang militer Mesir.

”Sebuah pasukan gabungan dari polisi dan militer, sedianya mengejar elemen teroris di daerah oasis gurun barat malam ini. Dan terlibat kontak dengan sopir roda empat milik kelompok wisata Meksiko,” bunyi pernyataan Kementerian Mesir Dalam Negeri Mesir, Senin (14/9/2015).

“Insiden ini mengakibatkan kematian 12 orang Meksiko dan Mesir, serta korban cedera dari 10 orang lain yang telah dipindahkan ke rumah sakit,” lanjut kementerian itu, seperti dikutip Russia Today.

Sementara itu, KementerianLuar Negeri Meksiko mengkonfirmasi bahwa dua warganya tewas dalam serangan militer Mesir itu.

Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto, telah mengutuk insiden tragis dan menuntut penyelidikan tuntas atas peristiwa yang menewaskan dua warganya.

Sebelum serangan itu, kelompok ISIS telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan beberapa lokasi militer Mesir di wilayah gurun barat. Militer Mesir pun meluncurkan serangan balas dendam, namun ternyata salah sasaran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4779 seconds (0.1#10.140)