Bulan Depan, Presiden Palestina dan Menlu AS Akan Bertemu

Jum'at, 04 September 2015 - 16:02 WIB
Bulan Depan, Presiden Palestina dan Menlu AS Akan Bertemu
Bulan Depan, Presiden Palestina dan Menlu AS Akan Bertemu
A A A
RAMALLAH - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry direncanakan bertemu di markas PBB di New York pada bulan Oktober mendatang.

"Dalam percakapan telepon, Presiden Abbas dan Kerry sepakat untuk bertemu guna membahas lebih jauh mengenai ide-ide mereka," kata Juru Bicara Kepresidenan Palestina, Nabil Abu Rdineh dalam sebuat pernyataan resmi seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (4/9/2015).

"Mereka juga akan membahas situasi di wilayah tersebut dan akan berterus terang tentang semua hal yang berkaitan," tambahnya.

Sebelumnya, Kerry telah menjelaskan kepada Abbas bahwa meskipun AS ikut dalam perjanjian nuklir Iran, namun negeri Paman Sam tetap mengikuti setiap perkembangan Palestina saat ini dengan keprihatinan yang menadalam.

Sementara itu, sebuah sumber mengatakan kepada Xinhua, dalam pembicaraan selama setengah jam itu keduanya juga membahas mengenai persiapan mengenai perubahan kepemimpinan di dalam Dewan Nasional Palestina (PNC).

PNC dijadwalkan akan mengadakan pertemuan selama dua hari di Ramallah, Tepi Barat, pada 14 September mendatang. Pertemuan tersebut untuk memilih ketua baru dan anggota Komite Eksekutif dari Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

Abbas sebelumnya telah mengatakan kepada Komite Eksekutif PLO, jika dirinya berencana untuk berhenti total dari dunia politik dan tidak akan mencalonkan diri untuk jabatan Ketua PLO.

Menurut seorang pejabat yang identitasnya tidak ingin diketahui, langkah itu diambil Abbas karena merasa frustasi dengan kebijakan Israel terhadap Palestina dan juga proses perdamaian di Timur Tengah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3438 seconds (0.1#10.140)