Doa untuk Menghapus Nama Kita yang Sudah Tercantum di Neraka

Selasa, 07 Maret 2023 - 13:16 WIB
loading...
Doa untuk Menghapus Nama Kita yang Sudah Tercantum di Neraka
Ada doa untuk menghapus nama kita dan orang tua kita yang tercantum dalam daftar ahli neraka. Doa ini, dianjurkan diperbanyak pada bulan Ramadan nanti. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada doa untuk menghapus nama kita dan orang tua kita yang tercantum dalam daftar ahli neraka . Doa ini, dianjurkan diperbanyak pada bulan Ramadan nanti. Kenapa demikian? Karena Ramadan, merupakan bulan ampunan bagi hamba-hamba Allah yang mau bertaubat.

"Dibacanya di bulan Ramadan. Doa ini untuk menghapus nama kita dan juga nama orang tua dari daftar ahli neraka. Momen Ramadan benar-benar harus dibaca doa ini, berdoalah dan berharaplah di waktu mustajab tersebut,"ungkap Ustadz Khalid Basalamah dalam tayangan youtube Media Sunnah Blora, baru-baru ini.

Dalam sebuah hadis Rasulullah shallallahu ‘alihi wa sallam bersabda,

ﻭَ ﻟِﻠَّﻪِ ﻋُﺘَﻘَﺎﺀُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ، ﻭَ ﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ


“Dan Allah memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka, yang demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. At-Tirmidzi, Hasan, lihat Al-Misykat no. 1960)

Kenapa di momen Ramadan harus diperbanyak? Karena Ramadan adalah bulan mulia, dan waktu mustajabnya berdoa baik siang maupun malam. Diriwayatkan Bazzar (Kasyf, no. 962), dari hadis Abu Said, dia berkata, Rasulullah sallallahu’alaihi wasallam bersabda,

ﺇﻥ ﻟﻠﻪ ﺗﺒﺎﺭﻙ ﻭﺗﻌﺎﻟﻰ ﻋﺘﻘﺎﺀ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻭﻟﻴﻠﺔ _ ﻳﻌﻨﻲ ﻓﻲ ﺭﻣﻀﺎﻥ _ , ﻭﺇﻥ ﻟﻜﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻭﻟﻴﻠﺔ ﺩﻋﻮﺓ ﻣﺴﺘﺠﺎﺑﺔ


“Sesungguhnya Allah Tabaraka wa Ta’ala memberikan kebebasan dari siksa neraka pada setiap malam –yakni di bulan Ramadan- dan sesungguhnya setiap muslim pada waktu siang dan malam memiliki doa yang terkabul ( mustajabah)”.

Terutama doa ketika akan berbuka puasaJabir radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

ﺇِﻥَّ ﻟِﻠَّﻪِ ﻋِﻨْﺪَ ﻛُﻞِّ ﻓِﻄْﺮٍ ﻋُﺘَﻘَﺎﺀَ ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻓِﻲ ﻛُﻞِّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ


“Sesungguhnya Allah memiliki pada setiap berbuka orang-orang yang dimerdekakan (dari api neraka) dan itu di setiap malam.” (HR. Ibnu Majah, Shahih Ibnu Majah, 2/59)

Menurut Ustadz Khalid Basalamah, penuhkan harapan di bulan Ramadan ini agar nama kita dan nama orang tua kita terbebas dari api neraka dan masuk surga Allah SWT tertinggi. "Perbanyak doa ini, karena bulan Ramadhan merupakan kesempatan mustajabnya doa dan waktu mustajab nya doa," kata Ustadz Khalid Basalamah.

Doa tersebut adalah sebagai berikut,

أَللّـهُمَّ أَعْتِقْ رِقاَبَناَ وَرِقاَبَ آباَئِناَ وَأُمَّهاَتِناَ مِنَ النَّارِ


Allahumma 'atiq riqaabana wa 'atiq riqaba abaa'ina wa ummahatina minan naar"

Artinya : Ya Allah hapus nama kami dan nama ayah dan ibu kami dari api neraka.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)