Mahathir Muncul di Demonstrasi Anti Najib

Sabtu, 29 Agustus 2015 - 22:38 WIB
Mahathir Muncul di Demonstrasi Anti Najib
Mahathir Muncul di Demonstrasi Anti Najib
A A A
KUALA LUMPUR - Mantan pemimpin Malaysia, Mahathir Mohammad, dan istrinya secara mengejutkan muncul di pusat ibukota Malaysia, tempat para demonstran melakukan aksi demo menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Najib Razak.

Para demonstran pun lantas mengerumuni mantan orang nomor satu di Negeri Jiran itu, seperti dilansir laman straitstimes, Sabtu (29/8/2015). Mahathir datang ke lokasi demonstrasi untuk melihat langsung situasi di lapangan.

Ia terlihat sempat berjalan di Dataran Merdeka, tempat demonstrasi, untuk kemudian pergi lima menit kemudian. Mahathir dan istrinya baru saja tiba dari Johor usai mengikuti dialog.

Menurut media lokal Malaysia, diperkirakan ada sekitar 80.000 orang ikut dalam aksi demonstrasi ini. Menurut organisasi pro-demokrasi yang menggagas demonstrasi ini, Bersih, aksi sempat diikuti oleh sekitar 200.000 orang pada siang hari tadi.

Sejumlah aksi demonstrasi menuntut mundurnya Najib Razak juga terjadi di sejumlah daerah, seperti di Kuching dan Kota Kinabalu. Demonstrasi juga berlangsung di luar negeri seperti di Sydney, Melbourne, Auckland, Shanghai dan Hong Kong.

Ribuan demonstran pro-demokrasi pada Sabtu (29/8/2015) berkumpul di Kuala Lumpur untuk memulai demo besar-besaran guna menuntut pengunduran diri Perdana Menteri (PM) Najib Razak. Mereka mengajak rakyat Malaysia untuk memaksa Najib lengser.

Para demonstran berpendapat, PM Najib telah membawa Malaysia ke jalan krisis. Posisi Najib mulai digoyang ketika muncul skandal korupsi d lembaga “1Malaysia Develepment Berhard” (1MDB), sebuah lembaga keuangan negara Malaysia, di mana Najib menjadi ketua dewan penasihat-nya.

Lembaga itu dililit utang, namun dalam momen yang bersamaan muncul aliran dana multi-juta dolar ke rekening pribadi Najib. Pihak Najib membantah tuduhan korupsi dan menegaskan dana besar ke rekening Najib itu berasal dari donatur Timur Tengah. Tapi, siapa sosok donatur itu sampai saat ini masih misterius.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5852 seconds (0.1#10.140)