4 Hewan Endemik Indonesia, Mayoritas Hampir Punah

Sabtu, 04 Maret 2023 - 20:56 WIB
loading...
4 Hewan Endemik Indonesia, Mayoritas Hampir Punah
Terdapat sejumlah hewan endemik Indonesia yang bisa diketahui. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah hewan endemik Indonesia yang bisa diketahui. Habitat asli bumi pertiwi ini tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Dikutip dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, bahwa negara Indonesia merupakan negara dengan kekayaan biodiversitas terestrial tertinggi kedua di dunia. Bahkan jika semuanya digabungkan dengan keanekaragaman hayati yang di laut, Indonesia akan menjadi yang pertama.

Sebagai negara dengan biodiversitas di dunia, Indonesia diketahui telah memiliki hewan banyak asli yang mendiami wilayahnya. Hewan ini tumbuh secara alami dan tidak bisa ditemukan di tempat lain atau yang disebut dengan hewan endemik.

Baca juga : 5 Hewan Endemik Indonesia yang Eksotis, Nomor 1 Lucu dan Pemalu

Meski mempunyai banyak jenis hewan endemik, beberapa diantaranya telah memasuki masa kepunahan dan harus dilindungi.

Berikut empat hewan endemik Indonesia yang hampir punah.

1. Harimau Sumatra

Harimau Sumatra telah dikenal hingga mancanegara. Hewan ini memiliki tubuh yang terkecil dan warna kulit tergelap jika dibandingkan dengan harimau lainnya. Ciri khas lain yang dapat dilihat yakni, mempunyai loreng hitam yang lebih rapat.

Sayangnya harimau Sumatra ini telah memasuki masa kepunahan karena jumlahnya semakin sedikit. Namun untuk mencegah kepunahan tersebut, Taman Nasional Kerinci Seblat, Kawasan Ekosistem Ulu Masen dan Leuser di Aceh dan Sumatra Utara menjadi pusat konservasi harimau Sumatra.

2. Badak Sumatra

Badak Sumatra menjadi salah satu hewan endemik yang terancam punah. Hewan ini kini telah disebar di Taman Nasional Bukit Barisan, Taman Nasional Gunung Leuser, dan Taman Nasional Way Kambas.

Hewan penghuni hutan tropis ini hidup secara soliter dan hanya bisa melahirkan satu anak setiap 4 tahun sekali. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa Badak Sumatra memiliki populasi yang sedikit.

Baca juga : 8 Spesies Hewan Unik yang Baru Ditemukan, Ada Laba-Laba Warna Biru!

3. Tarsius Kerdil (Tarsius Pumilus)

Tarius Kerdil atau yang bisa disebut dengan tarsius gunung ini merupakan spesies hewan primata mungil yang berasal dari Sulawesi Tengah dengan memiliki bobot yang berkisar 50 gram saja.

Tarsius diketahui pernah dinyatakan punah pada awal tahun 2000-an karena tidak pernah terlihat lagi. Akan tetapi hewan yang satu ini pernah kembali ditemukan di Gunung Rorekatimbu, Sulawesi Tengah.

4. Burung Cenderawasih

Burung Cendrawasih merupakan salah satu hewan endemik Indonesia yang berasal dari hutan Papua. Hewan ini masuk dalam daftar hewan punah di Indonesia.

Kata Cendrawasih berasal dari kata Cendra yang berarti dewa-dewi dan wasih berarti utusan. Warga lokal menyebut burung ini sebagai reinkarnasi peri yang terbang ke wilayah hutan Papua.

Hingga saat ini tercatat ada sekitar 30 hewan endemik spesies cendrawasih di Indonesia dan 28 di antaranya bisa ditemukan di tanah Papua seperti cendrawasih kuning kecil, cendrawasih botak, cendrawasih raja, dan cenderawasih merah.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0727 seconds (0.1#10.140)