Aparat Turki Tangkap Dua Wartawan Inggris

Jum'at, 28 Agustus 2015 - 21:44 WIB
Aparat Turki Tangkap Dua Wartawan Inggris
Aparat Turki Tangkap Dua Wartawan Inggris
A A A
ANKARA - Sumber-sumber keamanan di Turki menyatakan, polisi Turki telah menahan dua wartawan Inggris yang dikirim oleh Vice Media untuk memberikan laporan dari wilayah tenggara Turki yang dikuasai oleh suku Kurdi. Mereka ditangkap karena tidak mengantongi izin dari Ankara.

Dikutip dari Reuters, Jumat (28/8/2015), Jake Hanrahan dan Philip Pendlebury bersama penerjemahnya ditahan di Distrik Baglar, Provinsi Diyarbakir. Mereka diamankan pihak kepolisian saat mengambil gambar bentrokan antara pasukan keamanan Turki dan militer Kurdi.

Pihak kepolisian mengamankan keduanya karena dianggap mempunyai kedekatan dengan kelompok militan Partai Buruh Kurdistan (PKK). Kelompok ini telah dinyatakan sebagai kelompok teroris oleh Pemerintah Turki.

Gencatan senjata antara pemerintah Turki dengan milisi Kurdi yang sudah berjalan 2,5 tahun runtuh setelah sayap kelompok Kurdi menembak mati dua petugas polisi Turki. Serangan ini pun dibalas oleh Ankara dengan menlancarkan sejumlah serangan terhadap kelompok yang juga mempunyai basis di Iran itu.

Sejak tahun 1990, PKK telah berjuang untuk mendirikan wilayah Kurdi yang otonom bagi etnis bangsa Kurdi. Dengan begitu, mereka mempunyai hak untuk mengatur diri mereka sendiri. Namun hal ini ditolak oleh Turki. Alhasil, banyak warga Kurdi yang bersimpati dengan pemberontakan PKK dan akhirnya melawan pemerintah Turki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4189 seconds (0.1#10.140)