ISIS Dekati Wilayah Perbatasan Turki

Kamis, 27 Agustus 2015 - 19:12 WIB
ISIS Dekati Wilayah Perbatasan Turki
ISIS Dekati Wilayah Perbatasan Turki
A A A
ANKARA - Pasukan ISIS dÍlaporkan terus bergerak maju mendekati wilayah perbatasan Suriah dengan Turki. Terakhir, ISIS berhasil menguasai lima desa, dimana dua diantaranya berada di dekat perbatasan Turki.

Kabar itu dikeluarkan oleh Observatorium Hak Asasi Manusia untuk Suriah, sebuah kelompok yang berbasis di Inggris, seperti dilansir oleh Reuters, Kamis (27/8/2015).

ISIS berhasil menguasai tiga desa dan saat ini tengah mengepung pasukan pemberontak Suriah yang berada di kota Marea, sekitar 20 km (12 mil) sebelah selatan dari wilayah perbatasan Turki.

Dua desa yang dikuasai oleh ISIS adalah desa-desa yang sebelumnya dikuasai oleh kelompok yang berafiliasi dengan Al-Qaeda, Front Nusra, yang kemudian diserahkan kepada kelompok pemberontak.
Pada awal bulan ini, Front Nusra menarik mundur pasukannya dari wilayah yang dikuasainya di garis depan.

Wilayah itu kemudian diserahkan kepada pasukan pemberontak pemerintah Suriah. ISIS sendiri telah meningkatkan serangan terhadap kelompok pemberontak Suriah di pedesaan Aleppo utara sejak Turki mengumumkan rencana untuk mengusir kelompok tersebut dari
daerah perbatasan.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Turki, Mehvut Cavusoglu mengatakan, pihaknya dan NATO akan segera melakukan operasi udara untuk menghancurkan basis pertahanan ISIS di wilayah perbatasan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5543 seconds (0.1#10.140)