ISIS Eksekusi 4 Orang dan Tebar Ancaman di Libya

Selasa, 25 Agustus 2015 - 12:55 WIB
ISIS Eksekusi 4 Orang dan Tebar Ancaman di Libya
ISIS Eksekusi 4 Orang dan Tebar Ancaman di Libya
A A A
SIRTE - Kelompok ISIS telah mengeksekusi empat orang di Kota Sirte, Libya. Salah satu orang yang dieksekusi adalah anggota kelompok militan anti-pemerintah.

Eksekusi itu dibenarkan warga Sirte dan diperkuat oleh video eksekusi oleh kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang disebar di media sosial kemarin.

Video itu menunjukkan seorang militan bersenjata menembak seorang pria yang mengenakan jumpsuit oranye. Korban diikat di kayu salib. Setelah ditembak mati, tubuh pria itu dibiarkan dan ISIS menebar ancaman kepada warga Libya lain untuk tidak melawan ISIS.

Pria yang dieksekusi itu diidentifikasi sebagai mata-mata untuk kelompok “Libya Dawn”, sebuah kelompok bersenjata di Tripoli yang ikut melakukan serangan udara terhadap ISIS di Sirte.

Keaslian video itu belum bisa diverifikasi secara independen. Sementara itu, warga Sirte, yang minta namanya tidak dipublikasikan karena keselamatannya terancam mengataka bahwa, ISIS telah dieksekusi sebanyak empat orang. Semua korban mengenakan jumpsuits oranye. Namun, warga tidak memiliki informasi tentang identitas empat korban itu.

Sirte adalah benteng ISIS yang diperoleh kelompok itu setelah memanfaatkan kekosongan keamanan dari kedua kubu pemerintah yang bersaing. Libya belum berhenti dilanda kekacauan sejak mantan pemimpinnya Muammar Qaddafi digulingkan dan dibunuh oleh warganya yang dibantu agresi NATO.

MenurutReuters, Selasa (25/8/2015), eksekusi oleh ISIS muncul setelah kelompok itu berseteru dengan kelompok pemberontak bersenjata di Sirte awal bulan ini. Kota Sirte sendiri berjarak sekitar 500 km dari sebelah timur Tripoli.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4979 seconds (0.1#10.140)