Jejak Kaki Dinosaurus Berukuran Sangat Besar Ditemukan di Inggris

Minggu, 19 Februari 2023 - 06:59 WIB
loading...
Jejak Kaki Dinosaurus Berukuran Sangat Besar Ditemukan di Inggris
Jejak Kaki Dinosaurus terbesar ditemukan di Inggris. FOTO/ DAILY MAIL
A A A
LONDON - Jejak tapak kaki dinosaurus yang dipercayai hidup kira-kira 166 juta tahun lalu, ditemukan di Yorkshire, Inggris. Ukuran kejak kaki ini memecahkan rekor dari semua temuan di pantai Yorkshire.



Jejak tapak kaki berukuran panjang semeter lebih, adalah telapak kaki terbesar yang pernah ditemukan di daerah Yorkshire.

Pesisir Yorkshire terkenal karena menghasilkan beberapa fosil yang signifikan secara visual dan ilmiah, termasuk ribuan jejak kaki dan jejak dinosaurus. Tujuan populer bagi ahli paleontologi profesional dan penggemar fosil, orang-orang datang dari jauh untuk melihat apa yang dapat mereka temukan.

Jejak kaki ini adalah salah satu dari hanya enam cetakan serupa yang telah tercatat di daerah tersebut, yang pertama diidentifikasi pada tahun 1934. Jejak ini merupakan penemuan fosil yang sangat signifikan, tidak hanya cetakan tridactyl yang langka, tetapi fosil jejak ini adalah yang terbesar yang ditemukan. di Yorkshire hingga saat ini.

“Penemuan penting ini menambah bukti lebih lanjut bahwa raksasa pemakan daging pernah menjelajahi daerah ini selama Jurassic. Jenis jejak kaki, dikombinasikan dengan usianya, menunjukkan bahwa itu dibuat oleh dinosaurus mirip Megalosaurus yang ganas, dengan kemungkinan tinggi pinggul antara 2,5 dan 3 meter.” tutur ahli geologi Inggris Dr Dean Lomax.seperti dilansir dari Daily Mail.

Megalosaurus (M.bucklandii), adalah dinosaurus pertama yang dideskripsikan secara formal (1824). Sekitar seratus genera dinosaurus yang berbeda telah dideskripsikan dari fosil yang ditemukan di Kepulauan Inggris.

Begitu pentingnya fosil dinosaurus dari Inggris, sehingga Dr Lomax terinspirasi untuk menulis sebuah buku yang mendokumentasikan penemuan fosil dinosaurus yang luas yang telah dibuat di pulau-pulau ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)