Klaim Gempur ISIS, Jet F-16 Turki Hantam Suriah

Jum'at, 24 Juli 2015 - 13:25 WIB
Klaim Gempur ISIS, Jet F-16 Turki Hantam Suriah
Klaim Gempur ISIS, Jet F-16 Turki Hantam Suriah
A A A
ISTANBUL - Pesawat jet tempur F-16 Turki melakukan serangan udara di wilayah Suriah dengan klaim menggempur tiga basis ISIS. Serangan terhadap wilayah Suriah itu telah dikonfirmasi kantor Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu, Jumat (24/7/2015).

Meski menyerang wilayah Suriah, Turki mengklaim serangan itu dilakukan tanpa melanggar wilayah udara Suriah.

Beberapa pesawat jet tempur Turki telah dikerahkan dari pangkalan udara Diyarbakir untuk misi itu. “Salah satu target serangan Turki adalah Desa Havar di Suriah yang berbatasan dengan Provinsi Kilis, Turki,” tulis kantor berita Turki, Hurriyet.

Serangan Turki ini sebagai pembalasan atas baku tembak di lintas perbatasan terbaru dengan militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) pada hari Kamis kemarin yang menewaskan seorang tentara Turki.

Pada awal pekan ini, bom bunuh diri yang diduga dilakukan ISIS juga menewaskan 32 orang di Kota Suruc, Turki yang berbatasan dengan Kobane, Suriah.

Operasi militer Turki itu terjadi di tengah laporan bahwa Turki setuju mengizinkan pangkalan udaranya digunakan AS untuk operasi drone dem memerangi ISIS. Namun, laporan itu belum dikonfirmasi secara resmi oleh Pemerintah Turki.

Belum ada laporan terkait korban jiwa dalam serangan militer Turki terhadap wilayah Suriah untuk memerangi ISIS. Pemerintah Suriah juga belum merespons terkait wilayahnya yang jadi target serangan Turki, meski dengan dalih memerangi ISIS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3613 seconds (0.1#10.140)