Italia: Kompromi Hanya untuk Iran, Bukan untuk Keamanan Israel

Rabu, 22 Juli 2015 - 21:50 WIB
Italia: Kompromi Hanya untuk Iran, Bukan untuk Keamanan Israel
Italia: Kompromi Hanya untuk Iran, Bukan untuk Keamanan Israel
A A A
YARUSALEM - Perdana Menteri Italia Matteo Renzi mengatakan, dirinya mendukung kesepakatan nuklir Iran. Tapi, di saat bersamaan dirinya juga menyebut kesepakatan itu tidak boleh mengancam keamanan Israel.

Berbicara paska melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Renzi menegaskan tidak boleh ada kompromi soal keamanan Israel. Menurutnya, itu harus menjadi salah satu fokus dunia internasional.

"Keamanan Israel adalah keamanan Eropa sendiri. Kami pikir itu mungkin untuk membuat kompromi tentang masa depan Iran, tetapi tidak mungkin untuk membuat kompromi soal keamanan Israel," kata Renzi, seperti dilansir The Times of Israel pada Rabu (22/7/2015).

Sementara itu, dalam pernyataannya Netanyahu kembali menegaskan bahwa kesepakatan nuklir Iran adalah kesepakatan yang buruk. Menurutnya, kesepakatan tersebut mampu memberikan ancaman yang serius, bukan hanya pada keamanan Israel tapi juga kepada dunia internasional.

Selain itu, Netantahu juga mengaku akan terus melakukan kerjasama dengan Italia. Sebab, lanjut Netanyahu, kedua negara memiliki masalah yang sama, yakni anti-semitisme, dan tentu saja Iran.

"Eropa dan Israel terancam oleh kekuatan yang sama. Italia dan Israel bekerja sama dalam banyak cara untuk memenuhi tantangan ini. Kami berdua ingin melihat keamanan, kemakmuran dan perdamaian di wilayah Mediterania dan seluruh dunia," kata Netanyahu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3878 seconds (0.1#10.140)