Beginilah Gambaran Perjalanan Roh yang Mengalami Kematian

Jum'at, 17 Februari 2023 - 09:10 WIB
loading...
Beginilah Gambaran Perjalanan Roh yang Mengalami Kematian
Ketika roh dicabut dari jasadnya, kemanakah roh itu akan pergi? Ternyata roh akan melakukan perjalanan ke langit dan disambut malaikat. Bila roh itu dari orang shalih maka dia akan wangi dan disambut dengan gembira oleh penduduk langit. Foto ilustrasi/ist
A A A
Setiap yang bernyawa pasti akan mati, dan kematian sejatinya hanya menunggu giliran bagi semua makhluk yang bernyawa. Lantas, bagaimana sebenarnya perjalanan roh manusia ketika dicabut dari jasadnya tersebut? Ke mana kah dia akan pergi? Ke langitkah? Lalu bagaimana sambutan penduduk langit terhadap roh-roh yang datang dari bumi ini?

Roh merupakan unsur non materi yang ada dalam jasad yang diciptakan Allah Subhanahu wa ta'ala. Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah dalam salah satu kajiannya menjelaskan, ada dua sambutan penduduk langit terhadap roh yang keluar dari jasad karena proses kematian ini. Salah satu dalil yang menceritakan tentang perjalanan roh setelah dicabut dari jasabnya adalah hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu :

“Apabila keluar roh seorang mukmin, maka dia akan diambil oleh dua malaikat dan akan membawanya ke langit.” (HR Muslim)



Kemudian Hammad (perawi hadis) berkata menyebutkan tentang wanginya roh tersebut seperti minyak kasturi. Penduduk langit akan mengatakan: “Ada roh baik yang baru datang dari bumi. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala merahmati kamu dan kepada jasad yang dahulu pernah kamu huni. Dan dibawalah dia hingga menghadap Allah Subhanahu wa Ta’ala, kemudian Allah mengatakan: ‘Bawalah dia hingga batas terakhir.'”

Kemudian Abu Hurairah berkata lagi; “Adapun orang kafir, jika keluar rohnya betapa busuknya dan bagaimana penduduk langit melaknat roh tersebut. Berkata penduduk langit:

رُوحٌ خَبِيثَةٌ جَاءَتْ مِنْ قِبَلِ الْأَرْضِ قَالَ فَيُقَالُ انْطَلِقُوا بِهِ إِلَى آخِرِ الْأَجَلِ


“Roh yang busuk muncul dari bumi. Kemudian dikatakan lagi kepada dia: ‘Bawalah roh yang busuk ini hingga batas yang terakhir.” (HR. Muslim)

Di dalam kitab Al-Bara’ tentang bagaimana Rasulullah menceritakan roh seorang hamba yang shalih mendapat kemuliaan dan penyambutan yang luar biasa dari penduduk-penduduk langit. Yaitu, malaikat bershalawat kepada roh yang baik ini. Yaitu malaikat memohon kepada Allah agar Allah merahmati roh yang baik ini.

Malaikat yang membawa roh baik ini memohon kepada malaikat penjaga pintu langit dunia untuk dibukakan pintu, maka dibukalah pintu langit. Roh ini akan dibungkus dengan kain kafan dari surga. Roh ini akan diberi wangi-wangian dari surga. Keluarlah aroma wangi yang luar biasa melebihi wanginya minyak kesturi. Dibawalah roh ini oleh para malaikat untuk satu perjalanan yang tinggi dan mulia hingga ke langit dunia.

Adapun roh yang kotor dan busuk, malaikat langit akan melaknat dia ketika sudah keluar. Bahkan keluarnya saja harus dipaksa. Begitu keluar, rohnya sudah mengeluarkan bau busuk yang sampai ke langit. Makanya wajar kalau malaikat melaknat roh ini karena baunya menggangu penduduk langit.

Karena busuknya yang luar biasa, dia tidak diperkenankan masuk ke langit pertama. Semua malaikat penjaga pintu berdoa kepada malaikat: “Ya Allah jangan sampai roh itu naik ke atas langit melalui pintu ini.”

Kemudian roh orang kafir itu dibungkus dengan kain kafan dari neraka dan bau busuk dari neraka. Maka keluarlah bau busuk luar biasa yang sangat mengganggu malaikat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Allah Ta'ala berfirman:

اِنَّ الَّذِيۡنَ كَذَّبُوۡا بِاٰيٰتِنَا وَاسۡتَكۡبَرُوۡا عَنۡهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمۡ اَبۡوَابُ السَّمَآءِ وَلَا يَدۡخُلُوۡنَ الۡجَـنَّةَ حَتّٰى يَلِجَ الۡجَمَلُ فِىۡ سَمِّ الۡخِيَاطِ‌ ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُجۡرِمِيۡنَ


"Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga onta masuk ke lubang jarum (QS. Al-A’raf:40).

Ustadz Ali Nur Lc menegaskan dari ayat ini tertera jelas orang kafir tidak dapat masuk surga. Ini bahaya kekufuran, kesyirikan. Allah Subhanahu wa ta'ala menyuruh malaikat untuk mengembalikannya ke bumi. Akibat pintu-pintu langit tidak dibuka untuknya, maka roh tersebut dilempar dengan keras dari tempat yang tinggi sampai kembali ke jasadnya. Hingga akhirnya nanti datang malaikat mendekatinya untuk bertanya dan memberikan balasan terhadap perbuatannya selama masih hidup.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)