Pilot Teledor, 111 Penumpang Jet Airways Nyaris Tak Bisa Napas

Sabtu, 11 Juli 2015 - 13:42 WIB
Pilot Teledor, 111 Penumpang Jet Airways Nyaris Tak Bisa Napas
Pilot Teledor, 111 Penumpang Jet Airways Nyaris Tak Bisa Napas
A A A
NEW DELHI - Sebanyak 111 penumpang di pesawat Jet Airways yang hendak terbang dari Leh ke Delhi nyaris tidak bisa bernapas karena keteledoran pilot. Pilot pesawat itu gagal menghidupkan unit daya tambahan (APU) sehingga tekanan udara di kabin pesawat mengalami penurunan.

Pilot pesawat itu sedang diselidiki Direktorat Jenderal Perhubungan Udara wilayah India. Pihak direktorat menyatakan ada tindakan keras sesuai regulator penerbangan sipil atas kejadian itu.

Insiden itu terjadi pada tanggal 7 Juli 2015, ketika Jet Airways 9W-2369 dari Leh sedang bersiap-siap untuk terbang ke Delhi.Menurut Press Trust of India, Sabtu (11/7/2015), pilot diduga lupa untuk menghidupkan APU, sebuah prosedur yang wajib dalam mengoperasikan penerbangan.

Akibat kelalaian pilot itu, awak pesawat langsung menyebarkan masker oksigen untuk para penumpang. pIhak Jet Airways ketika dikonfirmasi menolak mengomentari penyelidikan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara terhadap pilot mereka.

”Masalah saat ini sedang diselidiki Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Sesuai prosedur standar, awak pesawat (yang tidak melakukan tugas terbang) memfasilitasi penyelidikan,” kata pihak maskapai dalam sebuah pernyataan.

APU dipasang dalam operasional dua mesin pesawat yang jadi perangkat penting. APU memasok listrik cadangan dan udara ketika mesin mengalami kegagalan atau mati.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3951 seconds (0.1#10.140)