China Sesalkan Langkah Filipina Lapor ICC

Kamis, 09 Juli 2015 - 22:15 WIB
China Sesalkan Langkah Filipina Lapor ICC
China Sesalkan Langkah Filipina Lapor ICC
A A A
JAKARTA - China mengaku kecewa dengan langkah yang diambil pemerintah Filipina terkait sengketa Laut China Selatan. Filipina membawa kasus Laut China Selatan ke Mahkamah Pidana Internasional (ICC), dan sudah mulai memasuki tahap mendengarkan keterangan saksi.

“Kami sebenarnya berharap mereka akan menggunakan diplomasi yang halus dalam menyelesaikan masalah ini,” kata Xu, seorang konselor di Kedutaan Besar China di Jakarta saat ditemui Sindonews pada Kamis (9/7/2015).

Diplomat China yang baru berada di Jakarta selama tiga hari itu mengatakan, Filipina seharusnya menggunakan saluran-saluran diplomasi yang ada. Sebab menurutnya, sampai saat ini hubungan diplomatik China dan Filipina masih terjalin.

“Mereka seharusnya tidak berkoar-koar, dengan terus mengeluarkan pernyataan ke khalayak. Lebih baik masalah ini diselesaikan dengan cara yang lebih halus, dengan melakukan pertemuan tertutup antara perwakilan kedua negara,” sambungnya.

“Menurut kami, pembicaraan bilateral adalah satu-satunya jalan untuk menyelesaikan masalah ini. Masalah ini tidak akan selesai bila kita berkoar-koar,” imbuhnya.

Dirinya juga menegaskan, bahwa pihaknya tidak akan menerima setiap tuduhan yang dilontarakan oleh dunia internasional. Sikap ini sama dengan apa yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS), yang tidak mau menerima atau mendengarkan setiap tuduhan yang dilontarakan kepada mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5171 seconds (0.1#10.140)