Soal Laut China Selatan, Filipina Seret China ke ICC

Selasa, 07 Juli 2015 - 15:12 WIB
Soal Laut China Selatan, Filipina Seret China ke ICC
Soal Laut China Selatan, Filipina Seret China ke ICC
A A A
MANILA - Filipina nampaknya menjadi salah satu negara yang paling serius menghadapi China, terkait perebutan wilayah di Laut China Selatan. Ini terlihat dengan langkah Filipina yang menyeret sengketa ini ke Mahkamah Pidana Internasional atau ICC.

Melansir Channel News Asia pada Selasa (7/72015), Filipina sejatinya sudah mengajukan gugatan atas kepemilikan di wilayah sengketa tersebut sejak 2013 lalu. Namun. ICC baru mulai melakukan persidangan sejak pekan ini, yang dimulai dengan mendegarkan keterangan para saksi.

Siapapun yang memenangkan gugatan di ICC, diprediski akan bisa menguasai wilayah yang cukup besar di kawasan Laut China Selatan. Kawasan ini menjadi sengketa karena ini merupakan kawasan paling menguntungkan dunia, dimana yang menguasai wilayah itu bisa mendapatkan pemasukan miliaran dolar.

Tapi, beberapa pengamat hukum yakin bahwa China akan menolak dengan tegas bila keputusan yang dibuat ICC menguntungkan Filipina. China sendiri sebenarnya telah menolak untuk dimintai keterangan dan ikut terlibat dalam persingan yang digelar ICC mengenai kawasan sengekat tersebut.

Selain itu, alasan lainnya mengapa China akan menolak keputusan itu adalah, keputusan yang dibuat ICC tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk bisa menekan China. Seperti diketahui ICC adalah sebuah badan independent yang berkantor di Den Haag, Belanda, yang tidak memiliki personil penegak hukum.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4706 seconds (0.1#10.140)