Emir Pembom Bunuh Diri ISIS Tewas Diserang Koalisi AS

Sabtu, 04 Juli 2015 - 17:10 WIB
Emir Pembom Bunuh Diri ISIS Tewas Diserang Koalisi AS
Emir Pembom Bunuh Diri ISIS Tewas Diserang Koalisi AS
A A A
WASHINGTON - Tariq al-Harzi, militan yang dikenal sebagai “emir pembom bunuh diri” ISIS tewas di Suriah akibat serangan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat. Insiden itu terjadi bulan lalu, namun baru diungkap AS, kemarin.

Al-Harzi memainkan peran kunci logistik untuk kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Menurut pejabat AS, Al-Harzi menjadi pengawas para militan ISIS dan persenjataan kelompok itu di Irak dan Suriah.

”Ini adalah buruan besar,” kata Mike Rogers, mantan Ketua Komite Intelijen Parlemen AS yang juga analis keamanan nasional AS kepada CNN. “(Keberhasilan) ini akan sangat mengganggu operasi mereka untuk setidaknya beberapa waktu,” ujarnya, semalam.

Juru bicara Pentagon, Jeff Davis, mengatakan, Al-Harzi tewas di Shaddadi, Suriah, pada 16 Juni 2015. Menurutnya, salah satu pemimpin ISIS itu telah masuk datar teroris yang dirilis AS sejak tahun lalu.

Departemen Luar Negeri AS telah menawarkan hadiah US$3 juta untuk informasi yang mengarah pada jejaknya. Pentagon menyatakan, pada bulan lalu, saudara Al-Harzi, Ali Awni al-Harzi,yang juga seorang militan ISIS juga tewas dalam serangan udara AS di Mosul, Irak, tepatnya pada tanggal 15 Juni 2015.

Ali Awni al-Harzi, dikenal sebagai perantara antara ISIS dan kelompok militan di Afrika Utara. Pemerintah AS menjulukinya sebagai ”orang penting” dalam serangan mematikan di Konsulat AS di Benghazi, Libya, pada 11 September 2012.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3550 seconds (0.1#10.140)