Dukung Palestina, Gereja di AS Boikot Produk Israel

Rabu, 01 Juli 2015 - 18:34 WIB
Dukung Palestina, Gereja di AS Boikot Produk Israel
Dukung Palestina, Gereja di AS Boikot Produk Israel
A A A
CLEVELAND - Dukungan untuk Palestina terus mengalir. Bukan hanya dari kelompok Muslim, dukungan juga mengalir dari kelompok-kelompok non-Muslim. Sebuah kelompok gereja di Amerika Serikat (AS) membuat gerakan boikot produk Israel, sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina.

United Church of Christ, sebuah perkumpulan gereja protestan di AS, mengambil langkah tersebut setelah sebelumnya digelar pemungutan suara. Dari sekitar 670 anggota kelompok tersebut, 508 diantaranya setuju untuk memboikot produk-produk Israel, sedangan hanya 124 yang menolak, sisanya abstain.

Namun, seperti dilansir Al Jazeera pada Rabu (1/7/2015), pemungutan suara yang digelar dalam pertemuan ke-30 kelompok tersebut yang berlangsung di Cleveland, Ohio gagal untuk memutuskan bahwa Israel telah melakukan tindakan apherteid atau pemusnahan etnis di Palestina.

Mitri Raheb, pendeta dari Gereja Lutheran Injili di Yordania dan Tanah Suci (Yarusalem), sengaja datang ke Cleveland untuk menghadiri pertemuan itu. Ia mengatakan, tindakan yang diambil kelompok gereja ini adalah bukti bahwa Palestina tidaklah sendirian, dan dirinya berharap hal ini juga mampu memberikan tekanan kepada Israel.

"Untuk warga Palestina yang tinggal di bawah pendudukan atau mereka yang mendapatkan diskriminasi sistematis sebagai warga negara Israel, tindakan ini mengirim sinyal kuat bahwa mereka tidak sendirian, dan bahwa ada gereja yang masih berani berbicara tentang kebenaran dan mendukung mereka yang tertindak," kata Raheb.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3994 seconds (0.1#10.140)