Ledek Assad, Israel Sebut Suriah Sekarat

Selasa, 30 Juni 2015 - 16:25 WIB
Ledek Assad, Israel Sebut Suriah Sekarat
Ledek Assad, Israel Sebut Suriah Sekarat
A A A
TEL AVIV - Pemerintah Israel meledek salah satu musuh bebuyutannya, Presiden Suriah Bashar al-Assad. Pejabat pertahanan Israel menyebut Suriah sudah sekarat dan Assad hanya memiliki sebagian kecil dari negaranya.

Penasihat Strategi untuk Pertahanan Israel, Amos Gilad, mengatakan, Presiden Assad saat ini hanya mengendalikan seperlima dari wilayah Suriah. Rezim Assad, kata dia, akan berakhir di wilayah yang didominasi sekte Alawite, sekte loyalis Assad.

Suriah sudah empat tahun terakhir dilanda perang saudara, dan kini diperparah dengan munculnya kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

“Suriah hilang. Suriah sedang sekarat. Pemakamannya akan dinyatakan pada waktunya. Bashar Assad ini akan dikenang dalam sejarah buku teks sebagai orang yang kehilangan Suriah,” ledek Gilad dalam konferensi yang digelar oleh Jurnal Pertahanan Israel.

”Sampai saat ini ia telah kehilangan 75 persen dari wilayah Suriah. Dia praktis hanya menguasai wilayah gubernur, yakni 20 persen dari total wilayah Suriah. Dan masa depannya, saya dapat memprediksi akanmenyusut sepanjang waktu. Dan mungkin kita akan mengenal dia sebagai Presiden 'Alawistan',” lanjut Gilad, seperti dikutip Reuters, Selasa (30/6/2015).

Suriah dan Israel adalah musuh bebuyutan yang di masa lalu terlibat perang. Dua negara ini tercatat pernah perang pada tahun 1948, 1967 dan 1973. Dalam perang tahun 1967, Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4655 seconds (0.1#10.140)