Kremlin Dituduh Coba Bunuh Taipan Rusia dengan Bom

Selasa, 30 Juni 2015 - 09:33 WIB
Kremlin Dituduh Coba Bunuh Taipan Rusia dengan Bom
Kremlin Dituduh Coba Bunuh Taipan Rusia dengan Bom
A A A
LONDON - Taipan Rusia, Sergei Pugachev, 52, menuduh Kremlin mencoba untuk membunuhnya di Inggris dengan dua bom di bawah mobil. Menurutnya, upaya pembunuhan itu menggunakan “gaya KGB”.

Upaya pembunuhan yang dia tuduhkan dilakukan rezim Presiden Vladimir Putin terjadi setelah dia dianggapp mencuri dana ratusan juta poundsterling dari bank sentral Rusia.

Pugachev saat ini di bawah kawalan ketat petugas bersenjata selama 24 jam. Upaya pembunuhan dengan dua bom yang diletakkan di bawah mobil itu terjadi bulan lalu di London.

Mantan senator Rusia yang pernah dijuluki "bankir Putin" itu kini bersembunyi di sebuah rumah yang aman di Inggris bersama pasangannya, Alexandra Tolstoy, 41, mantan penyiar berita BBC. Dia juga membawa tiga anaknya untuk bersembunyi.

Tuduhan upaya pembunuhan yang dilakukan Kremlin itu dia lontarkan semalam. ”Mereka yang bertanggung jawab, menggunakan metode gaya KGB yang sudah ditinggalkan di masa lalu,” ujarnya mengacu pada cara intelijen Soviet ketika membunuh musuh.

”Jika ini adalah apa yang terjadi dengan saya di luar Rusia, satu hanya bisa membayangkan apa yang bisa terjadi jika saya di Rusia,” katanya, seperti dilansir Daily Mirror, Selasa (30/6/2015). ”Saya takut paling dengan keselamatan keluarga saya yang juga menjadi sasaran.”

Menurutnya, rencana pembunuhan dengan dua bom itu diduga sebagai balas dendam atas kegagalan Rusia untuk mengekstradisi dirinya dari Inggris. Pugachev dianggap bertanggungjawab atas krisis moneter Rusia pada tahun 2008.

Pada Awal bulan ini Komite Investigasi Rusia—mirip dengan FBI—secara resmi meminta Inggris untuk memulangkan Pugachev ke Rusia untuk diadili. Pasangannya, Alexandra Tolstoy membenarkan teror itu. ”Saya menonton ketakutan terburuk saya yang menjadi kenyataan di depan mata saya. Kemungkinan bahwa pasukan Putin akan pergi sejauh mungkin untuk membunuh keluarga saya, yang sekarang menjadi gangguan nyata,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)