Merkel: Normalisasi Hubungan dengan Rusia Perlu Dilakukan

Senin, 29 Juni 2015 - 16:25 WIB
Merkel: Normalisasi Hubungan dengan Rusia Perlu Dilakukan
Merkel: Normalisasi Hubungan dengan Rusia Perlu Dilakukan
A A A
BERLIN - Setelah Menteri Luar Negeri Jerman Frank Walter-Steinmeri, kali ini giliarn Kanselir Jerman Angela Merkel yang menyebut bahwa normalisasi hubungan dengan Rusia perlu dilakukan. Merkel menyebut saat ini hubungan kedua negara tengah mengalami masa sulit, dan diperlukan usaha keras untuk kembali menormalkannya.

Pemimpin Jerman itu mengatakan, kedua negara harus menggunakan setiap kesempatan yang ada untuk melakukan dialog, untuk memperbaiki hubungan yang tengah retak tersebut. Hubungan Jerman dan Rusia mulai memburuk paska konflik di Ukraina pecah awal tahun lalu.

"2015 ditandai dengan ujian yang cukup berat bagi hubungan Rusia dan Jerman. Pertama-tama, situasi di Ukraina menyebabkan perbedaan pendapat yang sangat signifikan. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menggunakan setiap kesempatan untuk membangun dialog terbuka," kata Merkel, seperti dilansir Sputnik pada Senin (29/6/2015).

Pernyataan Merkel tersebut terucap ketika dirinya membuka 13th conference of Russian and German sister cities yang berlangsung di Karlsruhe. Acara ini diikuti oleh lebih dari 400 perwakilan kota di Rusia dan Jerman, dan juga organisasi masyakarat kedua negara.

Selama konferensi, akan digelar pertemuan yang terbagi dalam lima kelompok kerja. Konfrensi ini diharapkan yang membuka lanskap baru untuk pertukaran pengalaman, termasuk kerja sama ekonomi, menjalankan pemerintahan, dan berbagai macam pelatihan untuk mengembangkan potensi di setiap kota di kedua negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4735 seconds (0.1#10.140)