AS Klaim Bunuh Komandan ISIS di Mosul

Selasa, 23 Juni 2015 - 16:29 WIB
AS Klaim Bunuh Komandan ISIS di Mosul
AS Klaim Bunuh Komandan ISIS di Mosul
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengklaim berhasil menewaskan komandan ISIS di Mosul, Irak. Tariq bin al-Tahar bin al-Falih al-'Awni al-Harzi, menurut Pentagon, tewas ketika AS melancarkan serangan udara ke Mosul, pekan lalu.

Juru bicara Pentagon, Kolonel Steve Warren mengatakan, kematian Tahar adalah pukulan telak bagi ISIS. Menurut Warren, Tahar adalah orang yang mengatur setiap operasi yang dijalankan ISIS, bukan hanya di Mosul, tapi juga di beberapa wilayah lain di Irak dan Suriah.

"Kematiannya menurunkan kemampuan ISIS untuk mengintegrasikan anggotanya yang berasal dari Afrika utara ke wilayah Irak dan Suriah. Selain itu, kematiannya juga menghapus rantai hubungan antara ISIS dan organisasi teroris internasional," kata Waren, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (23/6/2015).

Tahar merupakan salah satu buronan lama AS. Dirinya adalah orang yang dianggap bertanggung jawab atas serangkaian serangan di Libya, yang menargetkan Kedutaan Besar di negara tersebut.

Departemen Keuangan AS bahkan mempersiapkan hadiah yang sangat besar bagi siapapun yang memiliki informasi soal teroris asal Tunisia tersebut. Tahar, masuk ke dalam jajaran elit teroris dunia, bersama dengan mantan pemimpin al-Qaeda Osama bin Laden, dan bos ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

ISIS sendiri sejauh ini belum memberikan komentar apapun mengenai kabar kematian salah satu pemimpinnya di Irak tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3834 seconds (0.1#10.140)