Disparitas Harga Ditarget Turun di Bawah 13,5%

Jum'at, 19 Juni 2015 - 11:00 WIB
Disparitas Harga Ditarget Turun di Bawah 13,5%
Disparitas Harga Ditarget Turun di Bawah 13,5%
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan optimistis bakal menurunkan disparitas harga bahan kebutuhan pokok di bawah 13,5% pada tahun ini, dengan diluncurkannya proyek perintis Gerai Maritim.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Srie Agustina mengatakan, Gerai Maritim ini merupakan program pemerintah untuk mengangkut bahan kebutuhan pokok masyarakat ke wilayah terpencil di bagian timur Indonesia

"Ini bertujuan untuk menurunkan disparitas harga dengan target pada 2015 di bawah 13,5%. Sekarang rata-rata (disparitas harga) 35%.‎ Ini bagian tol laut yang sedang digagas oleh Kementertian Perhubungan dan PT Pelni," ujarnya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (19/6/2015).

Dia menjelaskan, program ini disokong oleh enam unit kapal milik PT Pelni (Persero) yang siap berlayar dan mendistribusikan barang kebutuhan pokok ke enam rute, dengan 30 titik pelabuhan kecil di pulau terluar Indonesia.

Dalam proyek perintis ini, kapal KM Gunung Dempo akan mengangkut 10 kontainer berisi berbagai macam bahan kebutuhan pokok, seperti beras, tepung terigu, gula, minyak goreng, telur, paket sembako murah, mie instan, dan barang-barang kelontong lain.

"Sebenarnya ada 11 kontainer. Yang dari Tanjung Priok 10 kontainer, dan satu kontainer dari Tanjung Perak, Surabaya. Satu kontainer kapasitasnya antara 12 ton hingga 25 ton," sebut Srie.

Pihaknya berharap, Gerai Maritim ini akan memotong biaya logistik barang yang selama ini menjadi penyebab tingginya disparitas harga antar wilayah di Indonesia.

"Ini merupakan ujicoba. Dengan ini biaya pengiriman akan lebih murah 55%," pungkas Srie.

(Baca: Turunkan Disparitas Harga, Gerai Maritim Diluncurkan)
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8536 seconds (0.1#10.140)