Separatis Pro-Rusia: Kiev Gunakan Senjata Kimia

Jum'at, 29 Mei 2015 - 21:39 WIB
Separatis Pro-Rusia: Kiev Gunakan Senjata Kimia
Separatis Pro-Rusia: Kiev Gunakan Senjata Kimia
A A A
DONETSK - Kementerian Pertahanan Donestk menyatakan, mereka mendapati informasi bahwa Kiev tengah mempersiapkan diri untuk menyerang mereka dengan menggunakan senjata kimia. Menurut juru bicara kementerian tersebut, Eduard Basurin, info itu didapat dari intelijen mereka.

"Seminggu yang lalu, intelijen kita melihat bahwa 20 truk dengan kapasitas lima ton dengan bahan kimia, yang kita tidak tahu asalnya dari mana," kata Basurin dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir IB Times pada Jumat (29/5/2015).

Dirinya juga mengatakan, masih berdasarkan informasi dari intelijen, bahwa tampak pula beberapa ahli kimia Amerika Serikat (AS) dalam rombongan truk tersebut. Truk-truk itu bergerak menuju sebuah fasilitas di wilayah Mariupol.

"Saya menduga ahli militer AS dan otoritas Kiev tengah mempersiapkan sebuah rencana sabotase di wilayah Ukraina dengan tujuan menuduh pimpinan separatis atas kejahatan terhadap kemanusiaan," sambungnya.

Sebelumnya, beberapa media di Rusia juga sempat melaporkan adanya dugaan penggunaan senjata kimia oleh Kiev kala melakukan serangan terhadap separatis di Ukraina timur. Beberapa senjata kimia yang digunakan, menurut media Rusia adalah gas syaraf.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4454 seconds (0.1#10.140)